Mengejar Beasiswa Indonesia Sampai Titik Darah Penghabisan uget uget

Mengejar Beasiswa Indonesia Sampai Titik Darah Penghabisan

UGET UGETSiapa yang tak mau kuliah dengan beasiswa Indonesia? Pastinya sebagai seorang mahasiswa tidak akan menolak tawaran tersebut. Kuliah dengan beasiswa Indonesia pastinya juga memberikan keuntungan, khususnya di bidang finansial.

Untukmu yang memiliki permasalahan di bidang finansial, kuliah dengan beasiswa Indonesia adalah suatu hal yang diidam-idamkan. Selain kuliah gratis, kamu juga akan mendapatkan uang saku dari pemerintah. Sungguh kenikmatan yang hakiki bukan?

Beasiswa Indonesia pun banyak macamnya. Mulai dari beasiswa bidik misi, beasiswa PPA, beasiswa LPDP, beasiswa yang bekerja sama dengan bank, dan lain-lain. Untuk mendapatkan beasiswa Indonesia, pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Misalnya harus memiliki nilai IPK yang tinggi, mengikuti berbagai organisasi di kampus, pernah memenangkan suatu kejuaraan atau memiliki prestasi, mendapatkan rekomendasi dari fakultas, dan syarat-syarat lainnya.

Banyak syarat yang berbau di bidang akademik, seperti harus memiliki nilai IPK yang telah ditentukan. Untuk itu ketika kita fokus untuk mencari beasiswa Indonesia, harus memikirkan bagaimana nilai kuliah.

Sudah bagus kah? Apakah IPK kita sudah mencukupi untuk mendaftar beasiswa? Memang sih, IPK bukan satu-satunya syarat agar lolos dapat beasiswa. Namun, ketika kita memiliki nilai yang bagus, ditambah dengan keaktifan kita pada suatu organisasi kampus, insyaallah akan dipermudah dalam mendapatkan beasiswa.

Untuk mendapatkan beasiswa itu tidak mudah lho. Penuh perjuangan sampai titik darah penghabisan. Begitu pula kisah saya yang jatuh bangun untuk mengejar beasiswa Indonesia.

Dari semester pertama saya kuliah di UNY, saya mulai mencari link beasiswa. Pada tahun 2014 lalu beasiswa yang ditawarkan di kampus adalah penurunan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Saya pun tertarik mendaftar. Siapa tahu UKT saya bisa turun. Dua kali saya mendaftar penurunan UKT pada semester satu dan dua, hasilnya nihil.

Saya tidak lolos dan UKT saya masih di golongan III. Baiklah, tak mengapa. Saya pun terus mencari beasiswa lain. Saat semester tiga ada tawaran beasiswa BCA Finance. Saya pun juga mendaftar. Namun hasil nihil pun juga kembali lagi saya rasakan.

Ketika semester empat dan lima saya mencoba peruntungan di beasiswa PPA. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang cukup diidam-idamkan mahasiswa.

Karena menurut saya persyaratannya juga tidak terlalu sulit. Seperti membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), surat berperilaku baik yang telah ditandatangani oleh Pembimbing Akademik, surat penghasilan orang tua yang dibuat oleh lurah, transkrip nilai, dan persyaratan lainnya.

Baiklah, saya cukup tertantang mendaftar beasiswa tersebut. Setelah menunggu pengumuman cukup lama, hasil nihil pun saya dapatkan kembali.

Disitu saya merasa kesal dan sedih. Sudah banyak tenaga, waktu, dan uang untuk memenuhi syarat tersebut.

Yang bikin saya heran, kok teman-teman lain mudah sekali mendapatkan beasiswa tersebut. Ketika saya lihat di papan pengumuman, padahal IPK saya malah lebih bagus dibanding nama yang terpampang di papan pengumuman tersebut. Rasanya sakit tapi tidak berdarah.

Adakah yang salah dengan berkas yang saya buat? Padahal saya juga sudah membuat dengan sebenar-benarnya. Rasanya ada titik jenuh untuk tidak mau mendaftar beasiswa lagi. Toh sebentar lagi semester tua, yasudah kuliah apa adanya saja dengan membayar UKT.

Namun waktu semester enam ada tawaran beasiswa PPA lagi. Ada rasa bimbang, mau daftar atau nggak. Akhirnya saya putuskan untuk mendaftar. Saya mengurus berkas-berkas lagi. Setelah jatuh bangun mengejar beasiswa, akhirnya pada semester enam saya dapatkan beasiswa PPA tersebut.

Ketika saya lihat di papan pengumuman, ternyata ada nama saya. Sungguh kebahagiaan yang luar biasa. Meskipun sudah semester tua, bagi saya tidak ada kata terlambat untuk mengejar beasiswa.

Jadi untukmu yang sedang mengejar beasiswa terus semangat ya! Pasti ada jalan kok.

Dan untuk teman-temanku yang sudah mendapatkan beasiswa, manfaatkan sebaik-baiknya ya! Banyak lho mahasiswa lain yang masih berjuang untuk mengejar beasiswa.

Mau kuliah dengan beasiswa Indonesia? Jangan bosan-bosan untuk mencari info dan jangan jenuh untuk terus mendaftar ya. Semangat!

Sumber gambar: www.estudiosite.com.br

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu