Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa
Sumber gambar: hidupsehat.co
in

Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa

UGETUGETAlhamdulillah puasa telah berjalan selama seminggu. Bagaimana puasamu? Lancar kan? Atau nggak lancar karena kamu sedang dilanda rasa kurang enak badan? Pasti sedih dan kurang nyaman ya kalau di awal-awal puasa malah sakit. Semoga cepat sembuh ya.

Rasa sakit dan kurang enak badan pastinya bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Orang yang biasanya sangat bersemangat ketika bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari pun juga bisa jatuh sakit.

Kurang enak badan merupakan kondisi dimana tubuhmu merasakan ketidaknyamanan. Kamu pun juga dilanda sakit ringan seperti panas, batuk, pilek. Hal ini sangat wajar dan banyak faktor yang bisa menyebabkanmu seperti ini.

Mulai dari kondisi lingkungan dan cuaca yang memang sedang tidak menentu, kondisi tubuh kamu yang memang sedang tidak baik, hingga faktor dari luar seperti sering jajan makanan di luar.

Setiap orang tentunya ingin merasakan awal-awal puasa dengan penuh suka cita. Tapi, kalau rasa kurang enak badan ini sudah mengawali saat bulan puasa, apa daya? Kita juga tidak bisa menolak untuk sakit.

Terkadang banyak orang yang berpikir kalau awal puasa itu rasanya berat sekali. Mudah cepat lapar dan lemas. Menunggu jam buka puasa saja lama sekali.

Untuk itu, ketika rasa sakit melanda ketika awal puasa itu memang rasanya sangat berat. Badan lemas dan tidak berdaya karena sakit dan juga karena tidak kuat puasa.

Lantas apa yang bisa kamu lakukan? Tentunya kamu wajib istirahat. Meskipun kamu sedang berpuasa, sakit ringan seperti batuk dan pilek selayaknya bukan menjadi alasan untuk kamu batal puasa, padahal kamu juga sudah dewasa, lho. Malu kan sama anak kecil kalau batal puasa?

Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa
Sumber gambar: gayahidup.republika.co.id

Ya, walaupun kamu banyak aktivitas misalnya sekolah, kuliah, dan bekerja, luangkan waktumu untuk istirahat. Istirahat yang dimaksud semacam tiduran. Yang penting tubuh kamu dalam kondisi terlentang nyaman dan segera tidur untuk mengistirahatkan tubuhmu.

Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa
Sumber gambar: starberita.com

Selanjutnya, masalah makanan dan minuman juga perlu kamu pikirkan. Jangan sering-sering makan di luar. Kita tidak pernah tahu bagaimana kebersihan makanan di luar itu.

Kamu harus banyak-banyak konsumsi air putih, buah dan sayur untuk memperbaiki kondisi tubuhmu agar lebih baik. Konsumsi jus atau susu juga baik agar kamu juga semakin segar dan kesehatanmu bisa pulih kembali.

Karena di bulan puasa ini kita sedang menahan untuk tidak makan dan minum, tentunya kamu harus memberikan asupan gizi yang baik ketika kamu sedang buka puasa dan sahur.

Setelah selesai buka puasa, kamu harus mengisi perutmu dengan camilan ringan agar  kamu tidak lemas terus. Camilan ringan yang baik misalnya biskuit. Atau kamu juga bisa mengonsumsi potongan buah kecil-kecil untuk memberikan rasa kenyang pada tubuhmu.

Setelah itu kamu harus istirahat dan tidur kembali, diharapkan esok hari tubuhmu bisa kembali segar dan tidak lemas lagi. Hindari tidur tengah malam atau begadang. Ini sangat tidak baik untuk tubuhmu.

Saat sahur pun juga begitu. Makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Kemudian konsumsi susu agar kamu bisa lebih kuat dan tidak lemas saat puasa nanti. Untuk mengakhiri sahur, makan buah dan minum air putih jangan lupa untuk dilewatkan.

Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa
Sumber gambar: hidupsehat.co
Mengatasi Rasa Kurang Enak Badan pada Saat Bulan Puasa
Sumber gambar: kompasiana.com

Kalau belum sembuh-sembuh juga, kamu wajib ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Obat yang diberikan dokter nanti diharapkan dapat menyembuhkan sakitmu.

Untuk kamu yang sedang sakit di bulan puasa, semoga cepat sembuh ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cerita Unik dari Bule Rusia yang Servis HP di Indonesia

Cerita Unik dari Bule Rusia yang Servis HP di Indonesia

Manfaat Aloe Vera yang Bikin Para Wanita Jatuh Hati

Manfaat Aloe Vera yang Bikin Para Wanita Jatuh Hati