Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Bosan Makan Nasi Putih
Sumber gambar: tekno.kompas.com
in

Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Bosan Makan Nasi Putih

UGET-UGET  | Bunda, menu makanan yang itu-itu saja serta cara penyajian yang kurang menarik tentu akan membuat nafsu makan anak berkurang. Khususnya pada hidangan nasi putih yang hanya disajikan biasa saja. Nah, sebenarnya Bunda bisa mengatasi nafsu makan anak yang bosan makan nasi putih lho. Bagaimana caranya?

Butuh tips dan trik khusus agar anak mau makan. Untuk itu Bunda perlu memberikan asupan gizi berbeda di setiap harinya. Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki nafsu makan yang baik serta sudah kenal dengan beragam jenis makanan.

Makanan yang itu-itu saja tentu akan membuat anak bosan. Ditambah lagi dengan cara penyajian yang biasa saja. Anak jadi tidak menikmati makan dan nafsu makannya semakin menurun.

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia. Sejak kecil anak sudah diperkenalkan dengan nasi putih. Namun terkadang, anak juga bisa bosan makan nasi putih. Warnanya yang putih biasa saja serta rasanya yang manis juga bisa membuat anak cepat bosan.

Untuk itu Bunda perlu tips dan trik khusus untuk mengatasi nafsu makan anak yang bosan makan nasi putih. Bagaimana caranya?

Cara sederhana adalah dengan memberi pewarna pada nasi, kemudian nasi tersebut dicetak dengan cetakan yang lucu-lucu. Namun pewarnanya harus menggunakan pewarna alami lho Bunda. Lantas bahan apa saja yang bisa digunakan untuk zat pewarna pada nasi putih?

Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Bosan Makan Nasi Putih
Sumber gambar: tekno.kompas.com

BAYAM MERAH ATAU BUAH BIT UNTUK MEMBERI WARNA MERAH

Untuk memberi warna merah pada nasi, Bunda bisa menggunakan bayam merah atau buah bit. Caranya juga mudah lho Bunda. Cukup dengan menghancurkannya atau memblender dengan sedikit air, kemudian diperas sari-sarinya. Sari inilah yang akan dipakai untuk pewarna pada nasi.

WORTEL UNTUK MEMBERI WARNA ORANYE

Wortel dapat memberikan warna oranye pada nasi. Caranya juga sama seperti tips nomor satu di atas, yaitu dengan memblender wortel, kemudian diambil sarinya yang akan digunakan sebagai pewarna pada nasi.

EDAMAME, BROKOLI, ATAU KACANG PANJANG UNTUK MEMBERI WARNA HIJAU

Warna hijau dapat didapatkan dari edamame, brokoli, atau kacang panjang. Caranya adalah dengan direbus atau dikukus, kemudian digerus hingga lembut. Kemudian diperas dan ambil sarinya. Sarinya dicampur dengan nasi hangat dan diaduk hingga nasi berubah menjadi warna hijau.

BUNGA TELANG UNTUK MEMBERI WARNA BIRU

Jika Bunda ingin memberi warna biru pada nasi, bunga telang bisa digunakan. Caranya dengan merendam bunga telang selama beberapa menit. Kemudian tunggu sarinya hingga berwarna biru keunguan. Sari ini langsung dicampur pada nasi untuk mendapatkan warna biru.

KUNING TELUR ATAU KUNYIT UNTUK MEMBERI WARNA KUNING

Warna kuning merupakan warna yang cukup terang ya, Bunda? Warna menarik ini biasanya disukai anak-anak. Untuk memberikan warna kuning pada nasi, Bunda bisa menggunakan kuning telur atau kunyit.

Caranya dengan mencampurkan kuning telur pada nasi, aduk hingga merata sampai nasi berubah menjadi kuning.

Nah, itulah Bunda cara mengatasi nafsu makan anak yang bosan makan nasi putih. Dengan pemberian warna dan dibentuk menjadi bentuk yang lucu-lucu, anak semakin suka dengan nasi putih. Nafsu makan anak pun semakin meningkat. Selamat mencoba ya Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menghancurkan mobil mewah

Presiden Filipina Ini Menghancurkan 68 Kendaraan Mewah, Ditotal Sampai Trilyunan!

Tour de Singkarak 2018

Tour de Singkarak 2018: Rute Baru di Tahun Kesepuluh