Update

Mengandalkan Smartphone Bukan Berarti Kebiasaan Buruk Kok

UGET UGET – Semakin banyak orang kecanduan smartphone. Berbagai kemudahan yang ditawarkannya, membuat orang semakin mengandalkan smartphone untuk menyelesaikan banyak hal. Akhirnya selama ini gadget dituduh sebagai biangnya masalah, termasuk bikin malas, menurunkan kreativitas, menyita waktu, dan sebagainya. Padahal, smartphone tak seburuk itu lho.

Smartphone terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Russel Clayton, membuktikan bahwa orang yang berada dekat dengan smartphone memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi ketika diminta mengerjakan sesuatu, daripada yang berada jauh.

Dilansir vebma.com, penelitian ini melibatkan enam orang relawan. Percobaan pertama mereka diminta menemukan kata pada sebuah puzzle dengan kondisi smartphone berada dalam jangkauan mereka. Sedangkan pada percobaan berikutnya, smartphone diletakkan di sudut ruangan. Mereka yang berhasil menemukan paling banyak kata dijanjikan akan mendapat hadiah.

Di sini mereka disituasikan dalam sebuah lomba. Sehingga setiap relawan tentu punya ambisi untuk menang. Hasilnya, mereka yang berdekatan dengan smartphone dapat menemukan sembilan kata pada puzzle. Sedangkan mereka yang berada jauh dari smartphone rata-rata hanya menemukan enam kata saja.

Dapat dikatakan orang akan merasa jauh lebih nyaman jika berada dekat dengan smartphone-nya. Saya sih setuju dengan penelitian ini. Saat lupa membawa smartphone, atau smartphone berada di luar jangkauan agaknya ada yang kurang. Karena itu penting membawa smartphone. Apalagi ini berkaitan langsung dengan kenyamanan.

Kenyamanan itu adalah salah satu penunjang penting kepercayadirian seseorang lho. Ini sama saja logikanya saat kamu pergi ke sebuah acara. Kamu akan merasa jauh lebih berani dan percaya diri apabila datang bersama teman daripada seorang diri. Mengapa? Karena kamu punya teman ngobrol, sehingga kamu tak akan seperti anak hilang atau merasa canggung.

Bahkan penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa smartphone yang berada di luar jangkauan, bisa membawa perubahan fisik tertentu. Salah satunya perubahan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Ini ditemukan terlebih ketika relawan mendengar smartphone berbunyi, namun sedang tak bisa membalasnya. Ya, biasanya kamu akan merasa khawatir kalau saja notifikasi yang masuk itu penting.

Dari penelitian tersebut sebenarnya membawa smartphone ke manapun hingga tak bisa lepas darinya, tak sebegitu buruk kok. Kamu tak lantas menjadi orang yang anti sosial dengan membawa smartphone. Melainkan kamu tetap berinteraksi dengan orang lain.

Justru dengan adanya smartphone di sisi mu, kamu bisa mengontrol hal atau aktivitas lain yang sedang tak berada dalam jangkauanmu. Dengan begitu kamu akan merasa nyaman dan aman.

Tak hanya itu, smartphone juga membuatmu merasa tak berdiri seorang diri. Sebab kamu punya bala bantuan yang hebat, dan selalu siap kapan pun dibutuhkan. Ya, salah satunya melalui aplikasi-aplikasi yang terpasang di smartphone-mu itu.

Sumber gambar: www.shutterstock.com

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi