ambil screenshot web browser
in

Mengambil Tampilan Layar Browser Dengan Google Chrome Extension Terbaik Ini

UGET UGET – Apa kamu sering menulis blog yang berisi tutorial? Jika iya maka kamu akan membutuhkan perangkat lunak atau software yang bisa menangkap tampilan layar atau screenshot. Ada banyak sekali software yang menawarkan kemudahan mengambil tampilan layar, salah satunya adalah shareX. Ini adalah software berbasis desktop yang berjalan pada lingkungan Windows, hanya Windows saja. Itulah kendalanya, meskipun software ini bagus dan sangat powerfull tetapi terbatas hanya pada lingkungan Windows.

Bagaimana jika kamu bekerja pada lingkungan Mac OS ataupun Linux? Memang pada kedua sistem operasi ini juga sudah menyediakan software untuk mengambil tampilan layar, Tapi tidak semudah dan sehebat shareX. Tapi di dunia ini selalu ada alternatif, kamu jangan khawatir dengan ketergantungan.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan ekstensi Google Chrome. Ekstensi Google Chrome atau Chrome extension adalah sebuah plug in untuk browser Google Chrome. Saat ini ada lebih dari 100K Google Chrome extension yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya adalah untuk menangkap tampilan layar.

Saya pernah mencoba Lightshot, ini adalah tool yang mudah digunakan dan memiliki kemampuan yang cukup bagus, terlebih lagi Lightshot sangat populer di kalangan netizen. Namun kekurangan yang saya temui adalah hanya bisa menyimpan gambar dalam format png, bukan JPG.

Memangnya kenapa dengan png? PNG adalah format gambar berkualitas tinggi, dengan detail yang cukup bagus tetapi kekurangannya memiliki ukuran yang besar. Ukuran gambar yang besar ini akan menyebabkan masalah salah satunya adalah ketika gambar tersebut sudah di upload di blog, maka pengunjung membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama ketika membuka halaman blog.

Efeknya akan panjang, pengunjung tidak sabar melihat gambar dan akhirnya keluar dari halaman blog. Interaksi pengunjung dengan halaman blog akan direkam oleh Google Analytics (jika dipasang) dan Google akan mendeteksi halaman tersebut tidak menarik karena user tidak betah tinggal di dalamnya.

Efek selanjutnya mempengaruhi peringkat di halaman pencarian search engine. Seperti efek domino, sepertinya hanya berawal dari format gambar kemudian sampai kepada menurunnya peringkat di Google search engine.

Maka dari itu saya memiliki rekomendasi untuk kamu.

Explain and Send Screenshots Chrome Extension

Namanya tidak menjual seperti Lightshot, tetapi fitur dan kemampuannya jauh melebihi Lightshot. Pertama dia sudah mengatasi kekurangan masalah format gambar. Kita bisa menyimpan gambar hasil tangkapan layar dalam format PNG ataupun JPG. Kita bisa memilihnya melalui halaman setting.

Kemudian, setelah mengambil tampilan layar kamu bisa menambahkan tanda panah atau lingkaran yang berguna untuk menjelaskan sesuatu atau lebih mudah disebut dengan anotasi. Setelah selesai dengan proses editing, kamu bisa menyimpannya di hardisk lokal, menguploadnya ke Google Drive ataupun pelayanan image hosting gratis dan mendapatkan URL gambar tadi.

Dan fitur yang belum saya coba adalah merekam tampilan layar dan mengubahnya menjadi video. Jujur saja saya belum mencoba fitur ini, tetapi tidak diragukan lagi Explain and Send Screenshots memiliki banyak sekali fitur.

Tertarik mencobanya? Langsung saja download disini

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Dilan, Rindu itu Berat, Namun Lebih Berat Mengasuh Anak

Dilan, Rindu itu Berat, Namun Lebih Berat Mengasuh Anak

Malas Bersihkan Tempat Tidur Bisa Meningkatkan Potensi Obesitas

Malas Bersihkan Tempat Tidur Bisa Meningkatkan Potensi Obesitas