Mengambil Keputusan Dalam Kondisi Penuh Tekanan? Begini Langkahnya
Sumber gambar: Merit Career Development
in

Mengambil Keputusan Dalam Kondisi Penuh Tekanan? Begini Langkahnya

UGET-UGET | Dalam hidup, seringkali kita dihadapkan pada kondisi, di mana kita harus mengambil keputusan di bawa kondisi penuh tekanan. Tekanan itu bermacam-macam: bisa akibat kurangnya waktu, emosi yang tidak stabil, atau gangguann lain yang menjadikan kita sulit untuk bersikap obyektif. Lalu, jika pada akhirnya kita memutuskan satu hal, tanpa bisa berpikir secara obyektif, bisa dipastikan penyesalan di masa depan yang siap menghadang.

Namun begitulah kehidupan, kita tidak akan pernah bisa menghilangkan segala faktor yang bisa mengaburkan penilaian dalam mengambil keputusan. Subyektif adalah faktor inheren dari arti menjadi manusia. Tapi tenang saja, kamu bisa meminimalisir efek dari kondisi yang bias ini. Bagaimana caranya?

Pahami Kondisi

Pengetahuan adalah kekuatan. Semakin baik kamu memahami setiap pilihan dari keputusan beserta detail-detailnya, semakin tinggi kemungkinan yang kamu miliki untuk memilih keputusan terbaik. Langkah pertama adalah berupaya semaksimal mungkin dalam mempelajari materi yang relevan hingga kamu benar-benar memahaminya.

Pahami Output

Mengambil Keputusan Dalam Kondisi Penuh Tekanan? Begini Langkahnya
Sumber gambar: Merit Career Development

Mengetahui masa depan adalah hal sulit. Itu adalah kehendak dan urusan Tuhan. Manusia hanya bisa memperkirakan apa yang akan terjadi. Dari informasi yang kamu himpun, setidaknya bisa mendekatkan kita pada kemungkinan yang paling besar. Maka, buatlah prediksi terbaik berdasarkan berbagai jenis informasi yang kamu punya. Jika sudah, pahami berbagai efeknya, entah itu baik atau buruk. Jika buruk, siapkan langkah cadangan. Bagaimana efek jangka pendeknya? Bagaimana efek jangka panjangnya? Apakah keputusan yang kamu buat akan mempengaruhi hidup orang lain dan bagaimana?

Konsultasi

Bicaralah dengan orang-orang yang bisa bersikap obyektif –lebih baik jika bukan temanmu. Mereka adalah orang yang ahli atau berwawasan luas di bidang yang sedang Anda gelisahkan. Dengan pengalaman dan pemahaman mereka, setidaknya bisa memberikan kita jawaban memuaskan atas kegelisahan atas pilihan yang kita hadapi.

Komitmen

Hal yang perlu Anda ingat tentang mengambil keputusan, terlebih keputusan yang diambil di kondisi penuh tekanan, adalah keputusan itu pada dasarnya susah dibuat. Kesulitan ini akan bertambah jika Anda tidak bisa memberikan komitmen penuh. Biasanya, keputusan tersulit yang ada pikir adalah jawaban termudah atas kondisi saat ini. Hanya, pikiran dan ketakutan Andalah yang menghalanginya, menjadikan jawaban itu semakin mengabur dalam ketidakpastian.

Written by Agus A. Pribadi

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tips Membersihkan Botol Minum Agar Tidak Bau

Tips Membersihkan Botol Minum Agar Tidak Bau

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Ketika Kamu Masih Bertahan dengan Lembur Kerja

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Ketika Kamu Masih Bertahan dengan Lembur Kerja