Menerka Peluang Timnas Indonesia Di Piala AFF 2018
Sumber gambar: arah.com
in

Menerka Peluang Timnas Indonesia Di Piala AFF 2018

UGETUGET | Masyarakat Indonesia tentunya gemas dengan pencapaian timnas Indonesia di piala AFF beberapa tahun terakhir. Meskipun prestasi terbaik tim nasional hanya menjadi runner up dalam kurun waktu 10 kali penyelenggaraan terakhir.

Timnas Indonesia yang kali ini dikomandoi oleh Bima Sakti diharapkan bisa memecahkan rasa penasaran masyarakat Indonesia.

Konsentrasi Indonesia pasti akan lebih terfokus pada tiga negara yakni Thailand, Filipina, dan Singapura.

Meski demikian, Timor Leste tidak boleh begitu saja diremehkan, sebab tim ini sempat mengejutkan dengan menahan imbang Kamboja dan mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 dalam pertandingan uji coba.

Mampukah Bima Sakti membawa timnas menyabet gelar juara?

Semua Hal Tentang Piala AFF 2018 yang Perlu Kamu Tahu1
Sumber gambar: lagardere-se.com

Setelah drama Luis Milla dengan PSSI berakhir, Bima ditunjuk sebagai pelatih. Dia dianggap sosok yang akan jadi solusi setelah PSSI memutus kontrak Luis Milla.

Melihat permainan dan mental timnas di Asian Games beberapa bulan yang lalu, ada sebuah kepercayaan dan harapan. Namun perkembangan-perkembangan sepakbola ASEAN tidak boleh diremehkan.

Beberapa bulan lalu kita dikejutkan dengan Keisuke Honda yang menukangi Kamboja dan Sven-Goran Eriksson yang menukangi Filipina. Harusnya tim nasional Indonesia melihat ini sebagai bentuk totalitas negara-negara tetangga.

Menurut Alferd Riedl, Vietnam dan Indonesia mempunyai peluang besar untuk menjuarai turnamen ini. Memang terkesan subjektif, namun mantan pelatih itu terus memantau perkembangan dua negara tersebut. Terlebih Thailand dikatakan tidak memboyong skuat utamanya di turnamen kali ini.

Thailand; dari sembilan kali pertemuan di piala AFF, Indonesia baru tiga kali memenangkan pertandingan, sisanya kalah. Melihat rekor tersebut, pesaing tangguh Indonesia tetap Thailand. Meskipun tidak membawa skuat utama, tim ini tetap berbahaya bagi timnas.

Singapura; melawan negara tetangga ini timnas Indonesia baru memenangkan pertandingan dua kali, tiga kali kalah dan dua imbang. Pencapaian ini tentunya menghawatirkan.

selebrasi timnas Indonesia
Sumber gambar: bolabanget.id (Selebrasi timnas Indonesia).

Melawan Filipina timnas mempunyai rekor cukup bagus. Dari enam kali pertemuan, Indonesia memenangi pertandingan empat kali. Namun negara ini tidak boleh diremehkan, dalam tiga gelaran terakhir AFF mereka telah menunjukkan konsistensinya dengan selalu mencapai babak semifinal.

Dari enam pertemuan itu sendiri, Filipina juga telah mencatatkan satu kali kemenangan dan satu kali tahan imbang saat melawan Indonesia di dua gelaran terakhir.

Timor Leste, negara ini sukses mengulang sejarah 14 tahun lalu dengan lolos ke putaran final Piala AFF 2018. Ada harapan besar yang ditanam dalam timnas mereka.

Timor Leste di atas kertas mungkin tidak berbahaya, namun kekuatan mereka pantang untuk diremehkan. Apalagi kini mereka dinakhodai oleh pelatih asal Jepang, Norio Tsukitate.

Negara-negara ASEAN mulai serius dalam mengembangkan sepak bola. Timnas Indonesia harus lebih waspada berhadapan dengan negara manapun. Sebab dilihat dari keseriusan tiap negara menghadapi turnamen ini, bisa dikatakan mereka berambisi menyabet gelar juara di tahun 2018 ini.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengetahui Karakter Cewek Dari Musik Rock Asli Keren Banget!

Mengetahui Karakter Cewek Dari Musik Rock: Asli Keren Banget!

Kegagahan Persija Di 10 Pertandingan Terakhir. Djanur Yakin?

Kegagahan Persija Di 10 Pertandingan Terakhir. Djanur Yakin?