Menemukan Uang Sebanyak Rp20 Juta, Petugas Kebersihan Ini Mengembalikan Kepada Pemiliknya
Sumber gambar: nasional.tempo.co
in

Menemukan Uang Sebanyak Rp20 Juta, Petugas Kebersihan Ini Mengembalikan Kepada Pemiliknya

UGETUGETSalut dan patut diapresiasi dari tindakan petugas kebersihan ini. Di zaman yang serba modern ini, ia masih memiliki sikap jujur yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak orang. Tindakannya untuk mengembalikan barang yang bukan miliknya ini patut ditiru dan diacungi jempol. Luar biasa pokoknya!

Tentunya kamu ingat pelajaran waktu sekolah dulu, mungkin masuk ke dalam pelajaran PKn. Sejak di bangku sekolah kita sudah diajarkan untuk bersikap jujur. Kamu pasti ingat dengan soal waktu ulangan sekolah dulu “Kalau ada barang yang bukan milik kita sebaiknya…”. Pasti saat kecil dulu kita menjawabnya dengan melapor ke polisi atau dikembalikan kepada pemiliknya.

Memang benar, kita sudah diajarkan sikap jujur sejak kecil, sejak bangku sekolah. Bahkan orang tua pun juga mengajarkan kita seperti itu. Seharusnya, sikap jujur ini harus kita bawa sampai usia kita sudah dewasa. Jangan sampai kita punya sikap untuk memiliki barang milik orang lain.

Sikap jujur ini juga diterapkan oleh petugas kebersihan di Yogyakarta. Ia adalah Jubaidi (65) yang menjadi petugas kebersihan di Umbulharjo, Yogyakarta. Meskipun pekerjaannya dianggap rendah oleh orang lain, namun sikapnya yang jujur ini bisa menjadi teladan untuk kita semua.

Menemukan Uang Sebanyak Rp20 Juta, Petugas Kebersihan Ini Mengembalikan Kepada Pemiliknya
Sumber gambar: nasional.tempo.co

Melansir dari tempo.co, beberapa waktu lalu ketika Jubaidi bekerja melewati Jalan Veteran, ia menemukan sebuah karung. Saat dibuka, karung tersebut berisi uang senilai Rp20 juta, charger telepon, catu daya, kalung terapi, serta kipas angin mini.

Setelah Jubaidi menemukan karung berisi uang yang cukup banyak tersebut, akhirnya ia lapor pada ketua RT setempat. Harapannya setelah ia lapor, uang tersebut dapat dikembalikan kepada pemiliknya.

Namun nampaknya masih saja orang-orang yang tidak memiliki sikap jujur. Ada saja orang yang mengaku-ngaku memiliki uang tersebut. Miris sekali rasanya. Padahal orang yang kehilangan benda tersebut tentunya sangat sedih. Tapi masih saja orang yang mengaku-ngaku barang milik orang lain.

Empat orang yang mengaku sebagai pemilik karung tersebut sepertinya ketahuan bahwa mereka hanya berbohong. Saat ditanya mengenai isi karung tersebut, mereka tidak bisa menyebutkannya.

Kemudian setelah uang ada di tangan polisi, ada orang yang mengaku kehilangan. Orang tersebut mampu menyebutkan isi karung tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Umbulharjo, Komisaris Alaal Prasetyo mengungkapkan bahwa pemilik isi karung tersebut adalah Edy Prastya (48), warga Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Menurut pengakuan Jubaidi, bukan kali ini saja ia menemukan uang. Ia mengaku sudah enam kali menemukan uang dan mengembalikan kepada pemiliknya.

Sikap kejujuran dari Jubaidi ini patut kita apresiasi dan kita contoh. Ia mengungkapkan bahwa orang yang kehilangan itu pasti susah, jadi apa susahnya kita untuk jujur?

Yuk kita pupuk kembali sikap jujur kita. Kejujuran akan membawa hidup lebih baik kok! Jangan bosan untuk bersikap jujur. Jika menemukan barang yang bukan milikmu, segera kembalikan kepada pemiliknya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

4 Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Coba di Waktu Senggang, Berminat?

4 Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Coba di Waktu Senggang, Berminat?

Ready Player One Kekinian dan Kekunoan dalam Satu Bingkai

Ready Player One: Kekinian dan Kekunoan dalam Satu Bingkai