Sebanyak 86 Persen Orang Suka Mendengarkan Lagu Favorit Berulang Kali
Sumber gambar: soulbare.com
in

Sebanyak 86 Persen Orang Suka Mendengarkan Lagu Favorit Berulang Kali

UGET UGET – Musik menjadi teman dalam situasi apapun. Mendengarkan lagu favorit juga menjadi cara ampuh untuk memperbaiki mood dan meluapkan emosi. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang suka dengan lagu tertentu.

Dan tahukah kamu, riset yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music menunjukkan fakta bahwa sebanyak 86 persen orang memiliki kebiasaan mendengarkan lagu favorit berulang kali karena merasa ada kenangan atau emosi tertentu dari lagu tersebut.

Tentu di handphone maupun laptopmu, kamu mengoleksi banyak lagu favoritmu bukan? Lagu favorit menjadi salah satu hal yang sudah pasti mengisi hari-harimu. Entah itu saat mengerjakan tugas, saat galau, ketika tidak ada kerjaan alias gabut, saat ingat doi, dan lain sebagainya.

Ini sejalan dengan penelitian yang melibatkan 2014 pria dan wanita berusia 30 tahun ini. Dilansir kompas.com (19/3), adanya keterikatan lagu tertentu dengan kenangan atau emosimu mendorongmu untuk menjadikannya lagu favorit. Pun, 86 persen peserta mendengarkan lagu favorit mereka seminggu sekali. Uniknya lagi, hampir setengah peserta riset mendengarkannya setiap hari.

Karena tergantung dengan kenangan atau emosimu, lagu favorit ini bisa beragam genre guys. Ini disesuaikan dengan suasana hatimu kala itu. Kalau kamu sedang bahagia biasanya kamu akan memilih lagu dengan tempo yang ngebeat. Misalnya saja pada lagu-lagu Electronic Dance Music (EDM) yang seru banget. Namun saat hatimu sedang sedih, tentu kamu akan memilih lagu yang lebih slow atau mellow. Seperti lagu pop yang mengisahkan kisah tragis atau kisah menyedihkan lainnya.

Nah biasanya kita memilih lagu favorit berdasarkan kesamaan kisah nih. Kalau kamu merasa lirik lagu tersebut seolah mengisahkan kesedihan atau kebahagiaanmu, lantas kamu melekatkan lagu itu sebagai identitas dirimu.

“Wah ini lagunya aku banget nih…”

“Lagunya ngena banget ya…”

Dan biasanya hati kita akan puas saat kita bisa mendengarkan lagu itu berulang kali. Ketika hatimu sedang senang. Mendengarkan lagu sedih malah membuatmu tak nyaman. “Ih ngapain sih aku dengar lagu-lagu sedih begini…” Begitu pula sebaliknya, keadaan hati yang sedih tak bisa dihibur dengan lagu rock atau lagu dengan tempo cepat. Malah itu hanya akan mengacaukan hatimu. Namun dengan mendengarkan lagu sedih terus-menerus justru dapat membuat emosimu mereda.

Sumber gambar: soulbare.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pantai Balekambang Malang

Wisata Pantai di Jawa Timur yang Wajib Kamu Datangi

Bystander effect Si Pengamat yang Diam Mematung Saat Ada Kecelakaan

Bystander effect: Si Pengamat yang Diam Mematung Saat Ada Kecelakaan