Mencuci Piring Punya Efek yang Sama Seperti Meditasi Lho
Sumber gambar: www.sunlight.co.id
in

Mencuci Piring Punya Efek yang Sama Seperti Meditasi Lho

UGET UGET – Mencuci piring menjadi salah satu pekerjaan rumah yang mungkin selalu kamu hindari. Malah kamu berusaha agar bagaimana caranya tak banyak piring kotor menumpuk. Salah satunya menggunakan kertas nasi atau piring sekali pakai. Namun tahukah kamu, ternyata mencuci piring meski terlihat membosankan, ternyata mampu mengurangi kadar stress lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan Adam Hanley dan teman-temannya dari Florida State University, Amerika Serikat, membuktikan hal ini. Dilansir doktersehat.com, penelitian yang melibatkan 51 siswa ini mengungkapkan fakta menarik tentang mencuci piring, bahwasannya mencuci piring bisa memberikan efek yang mirip dengan meditasi.

Ternyata ini disebabkan karena kita cenderung memusatkan perhatian pada bau sabun, suhu air yang mengalir dari keran, dan setiap unsur dari piring atau gelas yang dicuci seperti tekstur, bahan, dan lain sebagainya. Pada saat itu pula badan dan pikiran kita akan semakin rileks. Selain itu, mencuci piring juga terbukti mampu mengurangi stress. Sebab saat itu pula kita terbawa untuk memfokuskan emosi dan pikiran kita.

Masih dilansir doktersehat.com, Adam menyebutkan bahwa mencuci piring bisa biasanya dilakukan dengan penuh kesadaran, perhatian, serta pengaruh positif yang maksimal, sehingga berbagai masalah mental seperti marah, stress, atau kecewa bisa diatasi dengan efektif.

Ini memang terbukti sebab hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 27 persen dari para siswa yang sebelumnya merasa gugup, mampu secara signifikan menurunkan perasaan gugupnya itu meskipun perlahan-lahan. Saya sih setuju dengan penelitian ini. Rasanya, mendengar gemericik air saja syahdu sekali.

Apalagi kalau mencium bau sabun yang wanginya enak. Bahkan melihat piring yang mengkilat dan cemerlang saja rasanya menyenangkan. Awalnya mungkin akan tercium bau sisa makanan yang menyengat. Atau mungkin akan tercium bau amis yang membekas di tumpukan piring itu.

Namun itu semua akan segera tergantikan dengan bau harum sabun pencuci piring kok guys. Ya meskipun harus mengumpulkan niat terlebih dulu untuk mau menjamah piring-piring kotor di dapurmu itu. Padahal selama ini pekerjaan rumah satu ini dianggap membosankan dan menjijikkan, namun ini bisa jadi cara mudah dan murah untuk meditasi bukan? Selain pekerjaan rumah terselesaikan, kamu pun akan jauh lebih tenang.

Sumber gambar: www.sunlight.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Belum Ada Kata Gagal untuk Seorang Andre Silva

Belum Ada Kata Gagal untuk Seorang Andre Silva

Jangan Biarkan Dirimu Menjadi Seorang Pecandu

Jangan Biarkan Dirimu Menjadi Seorang Pecandu