Sumber gambar: sajhavideo.com
in

Mencermati Sebentar Tentang Virus, Bukan Virus Cinta Loh

UGETUGET | Virus adalah salah satu makhluk hidup yang ukurannya kecil sekali. Bukan virus cinta loh. Bayangkan, besarnya hanya 1/10.000 kepala jarum! Kita bisa melihatnya lewat mikroskop elektron. Virus adalah salah satu penyebab infeksi.

Virus bisa menyerang siapa saja loh, termasuk anak-anak seperti kita. Teman-teman pernah sakit flu?

Nah, saat flu itu virus menyerbu tenggorokan dan saluran pernafasan. Ada juga virus yang menyerbu saluran pencernaan. Mereka ada dalam usus dan menyebabkan sakit perut.

Kalau teman-teman terserang penyakit gondongan, artinya ada virus menyerang kelenjar ludah. Kita pun juga mengenal virus cacar dan campak yang menyerbu kalenjar tubuh.

Virus pun bisa menyerbu organ tubuh, contohnya telinga. Kita jadi terkena infeksi telinga. Ada juga yang menyerbu hati dan menyebabkan penyakit hepatitis.

Proses Terjadinya Virus

Ternyata virus memang ada di udara. Virus memang mudah menular. Bisa melalui udara, makanan, atau sentuhan dengan penderita.

Kalau teman-teman sakit flu dan tiba-tiba bersin, virus menyebar di udara! Kalau teman-teman bersentuhan dengan penderita cacar air, bisa menderita juga lo!

Jadinya, harus hati-hati. Saat bersin lebih baik tutup hidung dan mulut dengan sapu tangan.

Kita sebaiknya juga menghindari sentuhan dengan teman kita yang sedang terkena cacar air atau campak.

Mencegah Serbuan Virus

terserang virus cinta
Sumber gambar: blog.elevenia.co.id

Sepertinya virus tampak mengerikan, ya? Oh, jangan khawatir! Kita bisa, kok, mencegah virus menyerang tubuh kita. Hmm… Bagaimana caranya?

Yang pertama meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau tubuh kita kuat, virus tidak akan mau dekat. Nah, untuk itu kita harus makan makanan bergizi. Makan tidak hanya kenyang, tapi harus mengandung gizi yang cukup.

Kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan. Contohnya, kalau teman-teman senang memelihara binatang, rajin-rajinlah membersihkan kandangnya. Kalau lingkungan bersih, virus akan menjauh.

Ada lagi kita harus berhati-hati kalau berdekatan dengan teman yang sakit. Alangkah lebih baik, menyarankan dirinya untuk beristirahat supaya virus tidak menyebar ke mana-mana.

Kalau Sudah Telanjur Kena

Bagaimana, kalau virus terlanjur menyerang? Tenang tidak perlu cemas! Tubuh manusia punya satu keistimewaan. Tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Sebenarnya di dalam tubuh kita ada zat pelawan virus, namanya interferon. Kalau tubuh sehat dan kuat, tubuh akan memproduksi banyak interferon.

Namun, kalau kita sedang lemah, produksi interferon akan menurun. Sehingga, kita mudah terserang virus.

Nah, kalau virus terlanjur masuk, tugas kita adalah mengembalikan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuh meningkat, produksi interferon juga akan meningkat, kan?

Jadi, sebenarnya, kalau kita sakit flu atau demam biasa, kita hanya perlu cukup istirahat dan makan makanan bergizi. Kalau pun perlu minum vitamin.

Ketika daya tahan tubuh membaik, virus pun tak akan bertahan lama dalam tubuh kita.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Sekilas Tentang Tornado, Si Angin Ganas

Mari Kita Petakan Minat Baca Kita, Mulai Dari Aksara