Ngepop

Agar Kamu Tidak Kaget Ketika Membuat Skripsi, Kamu Perlu Melakukan 5 Jurus Ini

UGETUGETSudah semestinya bagi mahasiswa semester akhir tentunya ada kewajiban untuk membuat skripsi. Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib dibuat mahasiswa untuk mengakhiri bangku perkuliahan. Namun bagi mahasiswa mengerjakan skripsi itu berat, padahal ada beberapa jurus yang dapat dilakukan sebelum kamu memasuki semester tua.

Proses membuat skripsi dapat berjalan dengan baik dan lancar ketika kamu semua urusannya mudah. Misalnya dalam mencari referensi mudah, dosen pembimbing menyenangkan, judul yang diteliti tidak terlalu sulit, dan kemudahan lainnya.

Sebelum kamu memasuki semester tua, ada baiknya kamu perlu mempersiapkan segala hal tentang skripsi agar kamu tidak kaget ketika saatnya kamu membuat skripsi nanti. Khususnya nih untuk para mahasiswa baru dan mahasiswa di semester awal-awal, kamu perlu melakukan 5 jurus ini. Apa saja itu?

Pertama, nabung judul skripsi

Ketika kamu masih menduduki semester awal, rajinlah berkunjung ke perpustakaan untuk melihat contoh-contoh skripsi kakak tingkat. Coba cari judul yang kira-kira membuat kamu tertarik. Selanjutnya buat daftar beberapa judul yang kira-kira ingin kamu teliti. Yang terpenting adalah kamu tertarik mengenai temanya dulu. Bahkan kamu bisa mencari judul sesuai dengan apa yang kamu suka, apa yang di sekitarmu.

Misalnya nih untuk kamu mahasiswa jurusan sastra Indonesia. Kamu dapat mendapatkan ide-ide menarik yang ada di sekitarmu. Mahasiswa sastra Indonesia biasanya akan meneliti karya sastra atau objek-objek yang dapat diteliti dari segi bahasa. Contohnya kamu suka dengan komik. Nah kamu bisa memanfaatkan komik tersebut untuk bahan penelitianmu,  misalnya dianalisis pelanggaran prinsip kerja sama, atau registernya, dan lain-lain.

Kedua, pikirkan kembali tentang judul yang kamu buat

Coba pikirkan kembali mengenai daftar judul yang telah kamu buat. Kamu harus nabung judul sebanyak-banyaknya agar dapat mendapatkan pilihan dan kamu dapat menentukan mana yang kira-kira menurutmu menarik untuk diteliti. Kalau bisa, coba kamu ambil beberapa data dan dianalisis. Bagaimana hasilnya? Kalau sudah mantap, kamu boleh mempertahankan judul yang telah kamu pikirkan tersebut. Jangan lupa dicatat ya semua ide-ide judulmu.

Ketiga, coba cari judul lain lagi

Meskipun kamu sudah mantap tentang judul yang sudah kamu buat, sebaiknya kamu juga tetap  mencari judul lain. Jangan hanya terpaku dengan satu judul saja. Kamu perlu mencari judul lain lagi yang kamu gunakan sebagai opsi kedua. Andai saja besok kelak ketika kamu sudah mendapatkan dosen pembimbing dan beliau tidak setuju dengan judulmu, setidaknya kamu punya beberapa pilihan judul lain yang sudah kamu pikirkan.

Keempat, diskusikan dengan dosen pembimbing akademik (DPA)

Karena kamu di semester awal belum memiliki dosen pembimbing skripsi, kamu dapat mendiskusikan judul-judul yang telah kamu buat dengan DPA-mu. Tentunya kamu akan mendapatkan saran dan masukan dari beliau. Percayalah, DPA-mu akan memberikan saran terbaik guna kelanjutan judul-judul calon skripsimu.

Kelima, datang ke sidang kakak tingkat

Kalau kampusmu menggunakan sistem ujian terbuka, tentunya kamu boleh masuk ke ruang sidang ketika ada kakak tingkat yang sedang ujian skripsi. Hal ini dapat memberikanmu keuntungan dan pengalaman agar kamu bisa mengetahui bagaimana saat sidang skripsi nanti. Apa saja pertanyaan yang diajukan oleh penguji? Bagaimana proses sidangnya? Kamu akan tahu semua kalau datang ke sidang kakak tingkat.

Untukmu para mahasiswa yang masih duduk di semester awal lakukan 5 jurus ini ya agar kamu tidak kaget ketika semester tua nanti saat mengerjakan skripsi. Semangat! Hidup Mahasiswa Indonesia!

Sumber gambar: teen.co.id

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi