Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia
Sumber gambar: michellelitchman.wordpress.com
in

Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia

UGET UGET – Setiap orang menginginkan hidup bahagia. Hidup yang bahagia dapat dicapai dengan cara yang sederhana dan cukup mudah. Salah satunya adalah dengan menghargai apa yang kita miliki.

Menghargai apa yang kita punya, sama halnya dengan mensyukurinya sebagai sebuah anugerah. Nah, menghargai itu lekat dengan proses penerimaan. Dengan menerima diri, kamu akan selalu bersyukur.

Kamu pun akan memiliki sifat dan perilaku yang baik. Sebab orientasimu bukan melihat ke atas melulu, melainkan mencoba untuk melihat mereka yang berada di bawahmu. Kamu bisa bersedekah karena merasa mampu, bisa menolong karena melihat ada yang perlu uluran tanganmu, dan sebagainya. Sehingga kamu pun tidak akan terus mengejar kepentingan duniawi, melainkan lebih pada kedamaian hati, jiwa, dan batinmu.

Entah itu menerima kelebihan maupun kekurangan diri pribadi. Bukan hanya kelebihan, kekurangan juga patut diterima. Kita juga perlu mengingat bahwa kekurangan ini juga pemberian Tuhan lho. Malah sebagai bentuk syukur, kamu justru lebih memandang kekurangan ini sebagai sebuah keunikan.

Setiap orang memang diciptakan berbeda. Karenanya masing-masing kita unik dengan rupa, fisik, kemampuan, potensi, dan minatnya. Dengan menerima diri, kamu akan jauh lebih tenang dalam menjalani hidupmu.

Kamu akan jauh dari rasa iri dan dengki. Kamu pun tidak akan terus menerus membandingkan dirimu dengan orang lain yang lebih hebat. Karena kamu tahu, hal tersebut hanya akan membuatmu frustasi. Daripada melihat orang lain, lebih baik fokuslah pada pengembangan dirimu sendiri.

Pengembangan diri ini kamu lakukan dengan melihat potensimu sendiri. Sehingga kamu bisa mengukur sendiri target capaianmu dan bagaimana caramu melatih sendiri kemampuan dan bakatmu itu. Ketika kamu fokus pada pencapaianmu, kamu akan jauh lebih puas dan bahagia.

Sekecil apapun yang kita miliki, jika kita menghargainya, maka kita akan mendapatkan hidup yang jauh lebih bahagia. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena ini hanya akan membuatmu sengsara. Toh, setiap orang tidak akan sama persis, baik kehebatan, kecerdasan, keterampilannya, dan lain sebagainya.

Nah mulai sekarang berusahalah untuk mencintai dirimu sendiri. Proud to be you.

Sumber gambar: michellelitchman.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Pendidikan Karakter Pentingnya Penanaman Moral Sejak Dini

Pendidikan Karakter: Pentingnya Penanaman Moral Sejak Dini

Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak