Membeberkan Tujuan Bisa Bikin Semangatmu Mencapainya Mengendur
Sumber gambar: www.shutterstock.com
in

Membeberkan Tujuan Bisa Bikin Semangatmu Mencapainya Mengendur

UGET UGET – Setiap orang punya arah dan tujuan hidup masing-masing. Ada kalanya dalam mencapainya, kamu merasa perlu untuk menmberitahu tujuanmu itu. Entah pada teman, keluarga, atau pacarmu. Mungkin kamu berpikir penting untuk memiliki sifat keterbukaan seperti ini. Namun tahukah kamu, dengan membeberkan tujuan, justru kamu akan kehilangan motivasi.

Setiap tujuan pasti butuh perencanaan. Tak ada yang instan di dunia ini, karenanya butuh proses untuk bisa mencapainya. Lama tidaknya proses, itu semua tergantung pada ketekunanmu. Nah dalam prosesnya terkadang orang tak tahan untuk mengumbar sejauh mana kamu telah berjalan.

Biasanya orang menyembunyikan tujuan dengan maksud agar tak dianggap sombong, tak mendahului takdir, dan agar bisa lebih fokus pada tujuan. Menyembunyikan tujuan menjadi hal yang wajar dipilih ketimbang sesumbar sebelum waktunya. Kalau orang Jawa menilai sesumbar itu tidak pantas alias ora elok.

“Nantilah kasih tahunya, sekarang rahasia dulu, lagian belum ada tanda-tanda bakal tercapai juga…”

Menyembunyikan tujuan yang akan kamu capai juga membuatmu terlihat lebih rendah hati. Kamu tak suka membual, melainkan lebih memilih sabar menunggu waktu pembuktian itu tiba. Namun terkadang rasanya greget juga terus menerus menyembunyikan rencana besarmu itu. Akhirnya ada pula yang keceplosan atau sengaja membeberkan tujuan hidupmu. Entah ini dalam bidang karir, percintaan, sekolah, dan lain sebagainya.

Padahal membeberkan tujuanmu itu sama saja dengan menjatuhkan motivasimu lho guys. Dilansir infia_fact, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa memberitahu tujuan yang ingin dicapai bisa membuat kamu kehilangan motivasi. Hal ini diduga terjadi karena melakukan hal itu malah mencegah kamu untuk bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

Tadinya kamu sudah begitu fokus menata dan merancang masa depan. Rasanya begitu semangat akan gebrakan yang akan kamu buat. Memikirkan realisasi tujuanmu itu saja sudah bikin kamu senyum-senyum tak karuan. Rasanya semacam ada euforia dalam menjalani prosesnya.

Namun berbeda ketika kamu sudah terlanjur menceritakan sedikit banyak tujuanmu itu. Ini tentu akan mengendurkan semangatmu. “Ah orang lain sudah tahu juga, sepertinya agak santai nggak masalah. Ya testimoni sedikitlah besok ke depannya aku ada proyek apa.”

Akhirnya daripada tekun mencapai tujuan itu, kamu pun terlalu terbuai pada pujian orang lain, atau pula terpengaruh orang lain yang berniat menghalangi tujuanmu itu.

Karena itu biarlah tujuan hidupmu itu menjadi rahasiamu sementara waktu. Lagi pula kalaupun gagal, kamu tak akan malu karena sudah membeberkannya duluan. Apalagi kalau sampai bersumpah serapah yakin bisa merealisasikan tujuan itu.

Sumber gambar: www.shutterstock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bridal Shower, Pesta Seru-Seruan Menyambut Pernikahan Mempelai Perempuan

Bridal Shower, Pesta Seru-Seruan Menyambut Pernikahan Mempelai Perempuan

Anak Tunggal Perempuan Memang Rentan Dimanja Orang Tua, Nikmatilah Kasih Sayang Itu

Anak Tunggal Perempuan Memang Rentan Dimanja Orang Tua, Nikmatilah Kasih Sayang Itu