Cara Membantu Teman Kita yang Sedang Mengalami Depresi
Sumber gambar: health.liputan6.com
in

Cara Membantu Teman Kita yang Sedang Mengalami Depresi

UGET UGET – Mungkin sebagian dari kita pernah menjumpai teman kita yang sedang mengalami depresi. Dalam keadaan seperti ini tentu kita ingin membantu mereka. Meski sebenarnya hal ini cukup sulit karena tidak semua orang dapat mengerti keadaan orang lain yang sedang mengalami depresi. Terlebih jika orang itu belum pernah mengalaminya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membantu teman kita yang sedang mengalami depresi. Tentunya dengan tidak membuat dia merasa buruk atau justru tertekan.

Pertama, jangan dengan gampangnya berkata, “Sudahlah, lupakan saja.”

Depresi itu bukan perkara ringan yang bisa disembuhkan dengan sesepele itu. Mungkin maksudnya ingin  membuat seolah masalah itu tidak berat dan membuat teman kita yang sedang mengalami depresi tidak terlalu merasa tertekan oleh masalah yang dihadapinya. Namun, nyatanya orang yang mengalami depresi justru sering kesal saat ada orang yang dengan mudahnya menyepelekan apa yang sedang ia dihadapi.

Kedua, jangan anggap depresi itu bisa disembuhkan dengan hal-hal sepele.

Orang yang benar-benar mengalami depresi tidak semudah itu bisa menyembuhkan rasa sakitnya dan menghilangkan kebingungannya. Tentu dengan makan es krim atau menonton film saja tidak akan cukup untuk membuatnya bahagia lagi. Sekali lagi, jangan terlalu menyepelekan kesedihan dan depresi yang dialami oleh teman kita.

Ketiga, jangan berbicara dengan nada sedih.

Ketika berbicara dengan teman kita yang sedang depresi, sebaiknya kita tidak menggunakan nada bicara sedih. Suara bernada sedih dapat lebih mendramatisir suasana. Hal ini tidak akan baik untuknya. Kita harus berbicara dengan nada yang bisa membuatnya semangat kembali.

Keempat, jangan diambil hati jika saran kita tidak diterima.

Kita tidak perlu sakit hati saat teman kita yang sedang mengalami depresi bereaksi negatif atas saran yang kita berikan. Kita tidak perlu mendebatnya atau merasa tersinggung dengan hal itu. Yang terpenting adalah kita ada untuknya, dan membiarkan dia tahu bahwa kita peduli padanya.

Kelima, jangan merasa bertanggung jawab atas depresi yang dia alami.

Kita bukan seorang ahli yang bisa dengan baik menyembuhkan depresinya. Kita bukan pula orang yang menyebabkan teman kita depresi sehingga harus mati-matian ikut memecahkan masalahnya. Hadirlah sebagai teman untuknya. Kehadiran itulah yang paling penting. Karena inilah peran kita yang sesungguhnya.

Sumber: Ideapod

Sumber gambar: health.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tidak Nyaman Dengan Pasanganmu? Tanda Dia Bukan Jodohmu

Tidak Nyaman Dengan Pasanganmu? Tanda Dia Bukan Jodohmu

Hubungan Romantis, Tegurlah Pasanganmu yang Cuek dengan Ungkapan Tulus dari Hati

Hubungan Romantis, Tegurlah Pasanganmu yang Cuek dengan Ungkapan Tulus dari Hati