Pentingnya Membangun Kedekatan Emosional Antara Ayah dengan Anak Perempuannya
Sumber gambar: www.parenting.com
in

Pentingnya Membangun Kedekatan Emosional Antara Ayah dengan Anak Perempuannya

UGET UGET – Saat ini kewajiban mengurus anak tidak hanya berada di tangan ibu. Melainkan Ayah juga ikut ambil peran dan bertanggung jawab terhadap kedekatan emosional si anak. Sosok ayah akan berpengaruh besar membentuk karakter anak perempuannya. Sebab ayah adalah figur laki-laki pertama yang dikenalnya. Biasanya anak perempuan akan menjadikan ayahnya sebagai lelaki idola. Sehingga memengaruhi penilaian dan relasinya dengan lelaki lain di sepanjang hidupnya kelak.

Mengingat besarnya pengaruh ayah bagi anak perempuannya, seorang ayah perlu membangun hubungan yang positif. Dilansir kompas.com, hubungan yang positif antara ayah dan anak perempuannya akan menentukan apakah anak akan tumbuh menjadi wanita yang kuat dan percaya diri.

Pengaruh seorang ayah pada anak perempuannya ini akan terlihat pada bagaimana kepercayaan diri, citra diri, dan pilihannya pada pria. Karena karakter ayah akan berkemungkinan besar dijadikan sebagai role model akan sifat dan karakter lelaki pada umumnya, maka penting berperilaku baik dan bersahabat dengan anak.

Hubungan yang bersahabat dengan ayah akan membuat anak perempuan memiliki rasa percaya diri untuk bergaul dengan lawan jenisnya. Kedekatan dengan ayah juga membuat anak perempuan mampu membentuk dirinya sebagai sosok yang kuat, seperti ayahnya. Sebab tak dipungkiri, anak akan mencontoh sikap dan perilaku orang tuanya.

Sedari kecil, anak juga akan dikenalkan bahwa karakter berintegritas, jujur, dan positif adalah sosok pemimpin yang keren. Profesor psikologi Michael Austin pernah mengatakan, hal yang paling penting dalam hubungan ayah-anak adalah seorang ayah harus memiliki integritas, jujur, dan dapat menjadi contoh positif bagaimana bersikap sehari-hari.

Ini penting sebab nilai-nilai tersebut akan diaplikasikan dalam keseharian anak. Selain itu, ayah yang mampu membangun suasana yang hangat sekaligus menunjukkan rasa penerimaan. Anak akan merasa dihargai, memiliki keberanian untuk mengekspresikan diri. Kelak, anak perempuanmu akan dapat diandalkan dalam berbagai kegiatan penting.

Dalam membangun hubungan yang positif, seorang ayah juga harus fokus dalam membangun kepercayaan. Berikan anak kesempatan untuk bercerita sehingga dia merasa nyaman untuk mengutarakan tentang apa yang dia alami dan rasakan. Anak perempuanmu akan menjadi pribadi yang jujur dan terbuka, tanpa perlu ada yang ditutup-tutupi karena rasa takutnya padamu.

Membangun kepercayaan bisa ayah lakukan dengan menahan diri untuk memarahi, apalagi berkomentar buruk pada anak. Apabila anak berbuat sesuatu yang menurutmu salah, jangan langsung menghakiminya. Melainkan biarkan anak perempuanmu memberikan penjelasan. Dengan begini, anak akan merasa aman dalam keluarga. Setelah itu barulah beri masukan yang membangun sesuai nilai yang dipegang dalam keluarga.

Intinya perlakukanlah anak perempuanmu dengan penuh respek dan cinta.

Sumber gambar: www.parenting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Fast Questions Game Permainan Seru Dengan Sahabat

Fast Questions Game: Permainan Seru Dengan Sahabat

Olivier Giroud ke Chelsea Dia Bukan Penghianat

Olivier Giroud ke Chelsea: Dia Bukan Penghianat