Membaca Kisah Dongeng Untuk Anak, Perlukah?
Sumber gambar: faf6.deviantart.com
in

Membaca Kisah Dongeng Untuk Anak, Perlukah?

UGET UGET – Orang tua di zaman sekarang kadang tidak mempunyai waktu lagi untuk keluarga, terutama anak-anaknya. Banyak dari mereka lebih memprioritaskan pekerjaan. Hal ini penting dan benar, tapi alangkah baiknya jika di akhir pekan mereka menghabiskan waktu untuk si buah hati. Setidaknya membaca kisah dongeng untuk menemani anaknya tidur.

Untuk anak-anak yang masih berusia kurang dari delapan tahun, biasanya lebih senang jika orang tua mereka bercerita tentang kisah-kisah yang imajinatif. Mulai dari kisah dongeng, cerita rakyat, hingga berbagai macam legenda.

Ternyata, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa membaca kisah dongeng untuk anak-anak mempunyai banyak manfaat. Diantaranya adalah merangsang keinginan si anak untuk terus belajar. Sehingga si anak biasanya akan tertarik untuk mencari sumber-sumber cerita, bisa melalui buku maupun internet.

Meskipun banyak anak-anak yang belum bisa membaca dan hanya melihat gambar, tapi kebiasaan ini akan membuat si anak terbiasa dengan gambar, warna, dan huruf. Sehingga daya kreatif dan imajinatif mereka akan semakin terasah.

Seorang psikiater dari Harvard, Lawrence Kutner Ph.D. menyatakan bahwa dongeng berperan penting bagi perkembangan anak-anak. Karena si anak akan belajar mengidentifikasi dirinya dengan karakter-karakter yang ada di kisah dongeng.

Membaca kisah dongeng pun juga ada aturannya. Dalam artian, orang tua harus tahu kisah dan cerita apa saja yang tepat untuk anak dengan usia tertentu. Untuk anak-anak yang masih berusia balita, biasanya dongeng yang disajikan terlalu biner, yakni terbagi antara karakter baik dan buruk. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah lebih besar, kisah dongengnya akan lebih kompleks, karena menghadirkan karakter yang baik, buruk, dan abu-abu.

Melansir dari kumparan, ternyata dongeng mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat membaca kisah dongeng adalah mengajarkan anak tentang realita kehidupan. Dimana karakter dan kehidupan itu sangat dinamis. Biasanya dongeng yang mengisahkan tentang kehidupan adalah kisah klasik, seperti Mahabarata, Baratayuda, Ramayana, dan sebagainya.

Jika hal ini dibiasakan sejak kecil, maka hasil yang akan didapatkan bukanlah si anak akan menjadi pintar. Mungkin itu salah satu efeknya. Tapi yang lebih penting dari itu adalah si anak nantinya akan menjadi seseorang yang bijaksana.

Sumber gambar: faf6.deviantart.com

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tiga Komik Paling Lucu, Pernah Baca?

Tiga Komik Paling Lucu, Pernah Baca?

Ibu Dan Ayah Punya Hak Dan Kewajiban Yang Sama Dalam Mengasuh Anak

Ibu Dan Ayah Punya Hak Dan Kewajiban Yang Sama Dalam Mengasuh Anak