Membaca Kans Juara Sekaligus Kans Degadrasi Liga 1
Sumber gambar: bolaskor.com
in

Membaca Kans Juara Sekaligus Kans Degadrasi Liga 1

UGETUGET | Liga 1 Indonesia tinggal menyisakan 4 laga. Persaingan papan atas dan zona degradasi sangat menarik. Banyak media yang menyebut kans juara dipegang oleh Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

Namun demikian, masih banyak tim yang berpotensi menyabet gelar juara tahun ini. Seperti Bhayangkara FC dan Bali United, mereka masih mempunyai peluang. Pasalnya selisih antar poin sangat kecil.

PSM Makassar, tim asuhan Robert Rene Albert ini tak disangka dapat memuncaki klasemen. Seolah PSM bergerak ke puncak tanpa kabar yang terdengar. Sebab tidak banyak media menyoroti tim ini layaknya Persija atau Persib.

Tim ini memenangi pertandingan sebanyak 15 kali, 8 seri, dan 7 kali kalah. Tim ini termasuk produktif setelah Persebaya dan Arema dengan catatan 46 gol.

Persija Jakarta, tim kebanggan masyarakat Jakarta ini sempat mengalami penurunan performa. Perjalanan Persija dapat dikatakan tidak stabil. Tercatat dalam 29 pertandingan yang sudah dilakoni, tim ini memenangkan pertandingan sebanyak 14 kali, seri 7 kali, dan kalah 8 kali.

Tentu tim ini mempunyai kans juara yang besar. Persija terpaut 4 poin dari puncak klasemen dan masih menyimpan satu laga. Potensi ini yang kemudian dibaca sebagai kandidat terkuat.

Namun tidak ada yang pasti, karena di laga terakhir Persija ditahan oleh tim bawah PS TNI dengan skor 0-0.

Kans Degadrasi Liga 1
Sumber gambar: deskgram.org

Persib Bandung memang mempunyai kans juara, meski dilihat dari beberapa pertandingan terakhir tim ini menunjukkan ketidakkonsistenan performa. Terakhir Persib tumbang di hadapan PSMS Medan dg skor 1-0.

Terutama setelah peristiwa kematian salah satu suporter Persija di GBLA.

Peristiwa itu mengakibatkan beberapa sanksi yang merugikan Persib. Dalam laga yang sering disebut El Classico Indonesia itu dibuntuti sanksi tanpa penonton hingga akhir musim dan tidak boleh berkandang di GBLA.

Tentu sanksi yang dilontarkan federasi ini sangat mempengaruhi tim. Apalagi Ezechial N’Douassel dan Jonathan Bauman sering mendapatkan sanksi komdis. Padahal mereka sumber produktivitas Persib.

Dalam 4 laga selanjutnya  Persib akan melakoni laga tandang dengan PSIS dan Persela, dan laga kandang melawan Barito Putra dan Perseru Serui. Persib harus berusaha keras sebab terpaut 4 poin dari pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Liga 1 tahun ini memang menarik untuk dinantikan. Tim mana yang akan keluar sebagai juara? Masih belum bisa terbaca.

Begitupun di zona degradasi, masih bisa belum ditentukan klub mana yang harus keluar dari Liga 1. Apalagi tiap klub hanya terpaut 1 poin saja.

Written by Budi

Sehat selalu.

“Teater Kubur” Dan Cerminan Masyarakat

“Teater Kubur” Dan Cerminan Masyarakat

Phytagoras dan Paham Matematikanya

Phytagoras dan Paham Matematikanya