Sebenarnya Apa Memakai Sedotan Benar-Benar Perlu?
Sumber gambar: internasional.metrotvnews.com
in

Sebenarnya Apa Memakai Sedotan Benar-Benar Perlu?

UGET UGET – Sampah plastik sudah menjadi masalah serius bagi pencemaran lingkungan. Banyak orang sudah menyadari hal ini, namun masih lemah dalam eksekusi pengendaliannya. Himbauan aktivis lingkungan seakan tak pernah digubris, atau hanya dilakoni barang sebentar saja. Padahal pemerintah bisa menggalakkan kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya melalui kebijakan-kebijakannya.

Seperti yang dilakukan Inggris Raya dalam menekan pencemaran sampah plastik di lautan. Sampah di lautan seperti diketahui akan mengendap di dasar laut dalam proses yang sangat lama. Kalau dibiarkan terus menerus, sampah-sampah itu akan mencemari air, merusak habitat, dan membahayakan keberlangsungan hewan laut.

Dilansir kompas.com (21/4), dalam rapat Commonwealth Heads of Government di London, pada Kamis tanggal 19 April kemarin, pemerintah berencana melarang penggunaan plastik sekali pakai yang tidak bisa didaur ulang dan tak dapat terdegradasi dengan cepat. Rencana ini sekaligus sebagai tanggapan terhadap pencemaran sampah plastik di lautan yang kondisinya semakin memprihatinkan.

Sebenarnya Apa Memakai Sedotan Benar-Benar Perlu?
Sumber gambar: internasional.metrotvnews.com

Plastik sekali pakai yang dimaksud tersebut seperti korek kuping atau cotton bud, sedotan, dan pengaduk minuman plastik yang banyak ditemukan di kafe. Mereka memang menemukan fakta bahwa penggunaan plastik semakin meningkat di sana.

Kabarnya dalam sehari ada 23 juta sedotan plastik sekali pakai yang digunakan dan kemudian dibuang. Tak hanya itu, laporan pemerintah Inggris pun menunjukkan fakta bahwa 70% sampah di lautan berasal dari bahan plastik. Selama ini kita cenderung abai akan penggunaan plastik. Kalau dipikir-pikir betapa tidak efisiennya sedotan sekali pakai.

Saat makan di restoran, minum saja harus memakai sedotan. Perubahan bisa dimulai dari hal kecil guys. Mengapa kita tak langsung meminumnya dari gelas saja. Lagi pula, sedotan itu toh nantinya harus dibuang karena sudah tak steril lagi.

Tak ada solusi lain selain tidak menggunakan sedotan. Pun, sejatinya penggunaan sedotan tak memberikan efek berarti. Bahkan salah satu teman saya, malah bingung ketika ditanya sebenarnya apa fungsi sedotan itu. Mungkin menggunakan sedotan akan sangat membantu bagi mereka yang sedang tak bisa bangun dari tempat tidur. Namun, untuk keseharian apakah memakai sedotan itu memang benar-benar perlu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sering Bermain Media Sosial Bikin Kepercayadirianmu Menurun

Sering Bermain Media Sosial Bikin Kepercayadirianmu Menurun

Syahrini di Iklan Biskuit Roma Kelapa Yang Bikin Netizen Gemezzz

Syahrini di Iklan Biskuit Roma Kelapa Yang Bikin Netizen Gemezzz