Cara Terbaik untuk Memaafkan Kesalahan Orang Lain
Sumber gambar: www.kitamuda.id
in

Cara Terbaik untuk Memaafkan Kesalahan Orang Lain

UGET UGET Setiap orang perlu belajar cara memaafkan kesalahan orang lain, kerena bagaimanapun tentu kita pernah merasakan disakiti. Sekecil apapun itu.

Orang berbuat salah sudah banyak dan menjadi hal yang terkesan wajar. Hanya saja terkadang kesalahan itu menjelma menjadi luka di hati orang lain. Luka itu tidak akan hilang jika sang pemilik luka tidak belajar untuk memaafkan. Untuk itulah, kenapa setiap orang perlu tahu bagaimana cara terbaik untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Menurutmu, apakah kesalahan orang lain akan dengan mudah dimaafkan jika kita melupakan kesalahan itu? Apakah semuanya akan semudah itu hilang? Mungkinkah lukanya akan hilang jika sudah dilupakan? Jujur, saya belum pernah percaya dengan hal ini sepenuhnya.

Mengapa? Karena bisa saja kita hanya lupa sejenak, tapi ingat lagi di kemudian hari. Sedangkan luka lama selalu saja punya peluang untuk terasa sakit lagi.

Menurut saya, tidak ada cara yang lebih baik untuk memaafkan selain berusaha untuk bersikap baik kepada mereka yang menyakiti kita.

Memaafkan memang bukan perkara mudah, apalagi jika harus bersikap baik dengan orang yang berbuat salah. Saya tahu, cara ini sangatlah sulit dan terkadang cenderung munafik. Harus rela juga mengorbankan perasaan. Tapi jika benar kita bisa mengendalikan perasaan itu, maka hasil manis akan kita dapatkan.

Kita tentu sudah bisa menyadari bahwa untuk melawan api tidak bisa menggunakan api juga. Dan untuk memadamkan api akan sangat lama jika hanya membiarkannya. Untuk itu, kita harus bisa menggunakan air saat menghadapinya. Begitu pula cara terbaik untuk menghadapi luka yang diberikan oleh seseorang.

Memaafkan memang butuh perjuangan. Butuh pula hati yang lapang. Jika memang kita ingin menjadi pemenang dalam hal ini, maka kita juga harus rela berbesar hati.

Jangan pernah bangga menjadi korban. Hal itu hanya akan membuatmu merasa semakin sakit saja. Kuatlah, bangkit, lalu maafkan, balas dengan kebaikan. Maka sebenarnya di situlah kamu akan menjadi manusia dengan level yang lebih tinggi dari pada mereka yang sudah menyakiti.

Sumber gambar: www.kitamuda.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Beşiktaş Beruntung Punya Carsi yang Susah Diajak Diam

Beşiktaş Beruntung Punya Carsi yang Susah Diajak Diam

Jokowi Anugerahkan Satya Lencana Kebaktian Sosial untuk Pendonor Golongan Darah 100 Kali

Jokowi Anugerahkan Satya Lencana Kebaktian Sosial untuk Pendonor Golongan Darah 100 Kali