Mengenal Komik sebagai Media Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak
Sumber gambar: educenter.id/read-aloud-cara-efektif-menumbuhkan-minat-baca-dan-cinta-buku-pada-anak/
in

Mengenal Komik sebagai Media Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak

UGET-UGET Pada artikel saya sebelumnya, saya telah membahas mengenai pentingnya pengayaan kosakata bahasa Indonesia bagi anak dengan media komik. Pada artikel ini saya akan membahas hal serupa, tetapi akan difokuskan seputar komik dan tips agar anak mau belajar membaca. Yuk Bunda disimak ya.

Pengayaan kosakata bahasa Indonesia itu sangat penting bagi anak. Anak sejak kecil harus dididik dan dikenalkan berbagai macam kosakata. Hal ini berguna agar ia mengenal kosakata yang banyak serta dapat sebagai pembelajaran untuknya. Dalam hal komunikasi anak juga bisa cepat paham karena ia memiliki kosakata yang cukup banyak.

Menggunakan media komik sebagai pembelajaran bagi anak cukup ampuh. Komik yang tidak hanya berisi kata-kata melainkan juga berisi gambar sangat menarik anak. Untuk itu penting bagi Bunda mengenalkan anak dengan komik sejak dini. Lantas sebenarnya apa sih itu komik?

APA ITU KOMIK?

Menurut pendapat dari Franz dan Meier, komik adalah cerita yang dibangun dan dikembangkan melalui gambar dan kata. Fungsi kata-kata tersebut untuk menjelaskan penyampaian gambar dan teks secara keseluruhan.

Selain itu Marcel Danesi yang merupakan ahli linguistik di bidang semiotika juga menjelaskan komik sebagai narasi yang diceritakan melalui gambar dan diatur di dalam garis-garis horizontal, strip, atau kotak yang disebut sebagai panels.

Dari dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa komik merupakan cerita yang disampaikan melalui urutan gambar dengan paduan kata yang berfungsi untuk menjelaskan cerita dari gambar tersebut. Komik yang kita kenal berisi teks percakapan yang terdapat pada balon kata. Dari teks percakapan tersebut anak belajar kosakata dan dapat memahami bagaimana isi cerita pada komik tersebut.

SEBERAPA EFEKTIF PENGGUNAAN KOMIK UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA BAGI ANAK?

Pengayaan kosakata bagi anak menggunakan media komik adalah cara yang efektif. Seperti artikel yang ditulis oleh Endah Wijayanti yang menjelaskan jika hobi membaca termasuk membaca komik dapat meningkatkan kemampuan atau kecerdasan verbal anak, sehingga kosakata dan percakapan yang ada dalam komik dapat memperkaya pengetahuan berbahasa anak. Dengan bertambahnya kosakata, maka kemampuan untuk menarasikan atau menjabarkan sebuah cerita pun bisa menjadi lebih baik.

Menggunakan media komik karena tujuannya untuk mengajak anak-anak agar mau membaca sedari dini. Komik tidak hanya menampilkan tulisan yang terdapat dalam balon kata, tetapi juga disertai gambar-gambar yang menarik bagi anak.

Memilih media komik adalah salah satu langkah agar anak-anak generasi sekarang mau membaca. Dengan diberikan komik, anak akan memperoleh banyak manfaat, contohnya anak akan mendapatkan berbagai macam kosakata baru, selain itu anak juga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan melalui cerita dan gambar yang disajikan.

Mengenal Komik sebagai Media Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak
Sumber gambar: educenter.id

Jadi tujuannya agar anak-anak mau membaca dan dapat memperkaya kosakatanya sedari kecil. Berbeda dengan film, kalau asumsi saya mengenai anak yang menonton film mungkin hanya akan fokus dengan gambar dan jalan ceritanya, bukan dengan kosakatanya.

TIPS AGAR ANAK MAU MEMBACA

Pastinya jangan memaksakan anak untuk langsung membaca karena hal yang dipaksa tentunya tidak baik untuk kondisi psikologi si anak. Pelan-pelan saja, seperti mulai dikenalkan buku-buku yang bergambar.

Ketika anak sudah dapat menikmati gambar, orang tua mulai mengajarkan anak untuk membaca secara perlahan. Agar anak dapat belajar dengan maksimal, penting bagi orang tua untuk selalu mendampingi dan turut mengajari anak-anak untuk membaca.

Ketika anak menemukan kosakata baru, orang tua dapat menjelaskan kepada anak dengan menunjukkan contoh yang nyata. Misalnya dalam komik ditemukan kosakata ‘katak’ yang termasuk ke dalam hewan ‘amfibi’, setelah itu orang tua dapat mengajak si anak ke sawah untuk mengenalkan katak itu yang seperti apa. Dengan langkah sederhana tersebut, anak akan mempunyai minat baca karena sebenarnya membaca itu sangat mengasyikkan.

Nah Bunda itulah pembahasan seputar komik dan bagaimana tips untuk mengajak anak agar mau membaca. Ternyata komik itu memiliki segudang manfaat yang baik untuk memperkaya kosakata bagi anak bukan? Mungkin Bunda bisa mencobanya untuk mengenalkan anak dengan komik. Namun tetap awasi si anak ya Bunda. Berikan ia penjelasan yang terkait dengan isi komik.

Next time saya akan membahas mengenai komik apa yang baik untuk anak, karena tidak semua komik baik untuk anak lho Bunda. Bunda harus selektif dalam memilih komik yang baik untuk proses memperkaya kosakata si anak. Stay tuned di ugetuget.com ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Cara Agar Tubuh Terlihat Ramping untuk Kamu yang Memiliki Bentuk Badan Curvy

Cara Agar Tubuh Terlihat Ramping untuk Kamu yang Memiliki Bentuk Badan Curvy

Hasil Belanjaan Wanita Ini Senilai Rp 50 Ribu, Kisahnya Jadi Viral

Hasil Belanjaan Wanita Ini Senilai Rp 50 Ribu, Kisahnya Jadi Viral