Masa Muda Adalah Masa Pencarian Kebenaran
Sumber gambar: agussas.files.wordpress.com
in

Masa Muda Adalah Masa Pencarian Kebenaran

UGET UGET – Katanya masa muda adalah masa yang paling indah. Masa di mana kita bebas berteman, berorganisasi, menimba ilmu, masa di mana kita mulai tertarik lawan jenis, hingga masa pencarian jati diri. Karenanya, masa remaja memegang peranan penting dalam proses panjang kehidupan kita selanjutnya.

Dulu saat kanak-kanak, kita belum bisa menempatkan dengan jelas mana yang benar dan salah, mana yang boleh dan tidak. Masa kecil identik dengan sikap yang egois, mau menang sendiri. Namun dalam masa remaja, kita sudah mulai memikirkan orang lain. Di saat itu juga, tibalah kita pada masa pencarian kebenaran.

Pada masa ini kita akan belajar banyak dari pengalaman. Entah itu dari nasihat keluarga, orang tua, guru, saudara, doktrin agama, pacar, maupun teman. Lingkungan tempat kita tumbuh dan berkembang akan sangat memengaruhi bagaimana ke depannya.

Pakem mengenai benar dan salah akan memengaruhi nilai hidup yang ditanamkan dalam diri kita. Dan nilai hidup itulah yang akan terus dipegang sampai jangka waktu yang lama. Nilai inilah yang akan menggiring kita pada hidup bersosial yang lebih luas. Nilai ini juga yang akan menentukan apakah kita diterima atau tidak oleh masyarakat luas.

Orang yang paham betul akan norma dan etika akan hidup jauh lebih baik. Dia akan dikenal sebagai orang yang benar. Benar di sini luas cakupannya. Namun intinya, dia tetap berada pada arah hidup yang positif dan sesuatu yang membangun.

Karenanya penting untuk memiliki teman sepergaulan yang benar. Sebab teman akan sangat memengaruhi sifat, karakter, dan sikap kita. Selain keluarga, pada saat orang memasuki masa remaja, sekolah menjadi instansi yang memegang tanggung jawab penting.

Menurut saya, penting untuk memikirkan tempat di mana anak bersekolah. Karena di sanalah agen perubahan. Di instansi pendidikan, kita akan dibimbing menjadi pribadi yang lebih berkarakter dan berprestasi. Lingkungan akan sangat memengaruhi kita. Dan karakter adalah sesuatu yang ketika ditanamkan akan sangat sulit untuk diubah. Maka penting untuk mengawal prosesnya.

Penting untuk memasukkan anak pada instansi yang terpercaya. Saya rasa orang tua tak boleh pelit dalam hal ini. Orang tua tidak boleh tanggung-tanggung dalam menyekolahkan anak. Sebab titik inilah yang akan menentukan masa depan anak, juga masa depan orang tua. Tentu kita semua tahu bahwa anak adalah harta yang paling berharga.

Sumber gambar: agussas.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Gendongan Bayi Kaos Kangguru Permudah Ayah Baru dalam Menggendong Anak

Gendongan Bayi Kaos Kangguru Permudah Ayah Baru dalam Menggendong Anak

Luka Real Madrid dan Dilema untuk Dapatkan Neymar

Luka Real Madrid dan Dilema untuk Dapatkan Neymar