Manfaat Kontak Kulit Mama Dengan Bayi Usai Persalinan
Sumber gambar: publicbroadcasting.net
in

Manfaat Kontak Kulit Mama Dengan Bayi Usai Persalinan

UGETUGET | Seusai proses melahirkan sudah pasti merasa lega dan ingin cepat beristirahat. Namun sebaiknya jangan terburu-buru untuk beristirahat. Bisa dikatakan ada tugas penting bagi mama setelah melahirkan, yaitu kontak kulit mama dengan bayi.

Setelah melahirkan sebaiknya ibu meluangkan energinya untuk melakukan proses bersentuhan, kulit mama dengan kulit si bayi. Memang proses ini terlihat sepele atau bisa dilakukan nanti setelah istirahat, namun setelah persalinan banyak manfaat dari kegiatan ini.

Tepat setelah melahirkan, bayi Anda bisa ditempatkan pada bagian dada Anda. Sementara perawat berusaha mengeringkan si kecil dan menutupinya dengan selimut hangat. Maka ibu dapat memanfaatkan momen ini dengan baik.

Lewat momen ini merupakan bentuk perkenalan Mama dengan si bayi. Kemudian bayi akan berusaha menjilat kulit dan mencari puting susu Mama.

kontak kulit bayi dengan mama
Sumber gambar: familias.com

Ada beberapa manfaat yang penting bagi Mama untuk diketahui setelah proses persalinan.

Mengontrol Suhu Tubuh

Kehangatan dalam artian mengontrol suhu buah hati. Sebab suhu bayi dalam kandungan dengan suhu di luar kandungan tentu berbeda. Solusi ini dilakukan agar bayi tidak kaget dengan perbedaan ini.

Usaha ini bisa dilakukan dengan cara menempatkan bayi pada dada mama setelah melahirkan. Tentu hal ini akan membuat bayi merasa nyaman.

Kulit mama mempunyai suhu yang hampir sama dengan suhu di dalam kandungan. Metode ini juga termasuk untuk membantu bayi menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan gampang.

Memberikan Ketenangan Pada Bayi

Bayi setelah keluar tentu kaget dengan berbagai kondisi yang baru ia rasakan. Menempatkan bayi di dada mama tepat setelah melahirkan, memberikan kenyamanan dan ketenangan. Sebab bayi akan dapat merasakan nafas dan detak jantung Mama.

Hal lain yang membuat bayi akan tenang karena bayi sudah secara tidak langsung sudah terbiasa dengan suara-suara kala ia masih di dalam kandungan.

Bayi yang berada dalam dekapan ibu setelah proses penyalinan cenderung jarang menangis terlalu kencang. Tidak lain karena kenyamanan tersebut. Maka dari itu proses ini sangat dibutuhkan dan tidak boleh dianggap remeh atau bisa ditunda.

Yang pasti ikatan emosional ini yang nantinya membuat kedekatan mama dan anak terasa lebih akrab.

Written by Budi

Sehat selalu.

Lautan Kupu-Kupu Di Cakrawala Biru, Indah Banget Deh

Lautan Kupu-Kupu Di Cakrawala Biru, Indah Banget Deh

Asyiknya Bermain Layang-Layang, Terbang ke Angkasa?

Asyiknya Bermain Layang-Layang, Terbang ke Angkasa?