Manfaat dan Efek Samping Imunisasi BCG untuk Anak
Sumber gambar: baby-center.ir
in

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi BCG untuk Anak

UGET UGET – Virus tuberkolosis merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya dan mampu menularkan beragam penyakit mematikan. Penyebarannya sangat cepat, bahkan hanya dengan pertukaran cairan bersin, batuk, dan air liur mampu menyebabkan seseorang terjangkit penyakit ini. Salah satu yang paling berbahaya adalah jenis tuberkolosis meningitis yang menjangkiti anak kecil lewat infeksi paru-paru.

Sayangnnya, tubuh kita tidak memiliki sistem imun yang khusus mencegah pertumbuhan virus tuberkolosis. Jika terinfeksi, maka virus ini secara cepat menyebar dan menimbulkan penyakit.

Imunisasi BCG merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penderita tuberkolosis (TBC) ini. BCG adalah kepanjangan dari Bacellus Calmette-Guerin, adalah imunsisasi yang biasanya diberikan pada bayi usia 3 bulan. Dengan penyuntikan bakteri yang menjadi antibodi virus tuberkolosis, imunisasi ini sangat bermanfaat bagi sang anak, bahkan hingga dewasanya kelak.

Manfaat

Tujuan utama dari imunisasi BCG adalah memasukkan kuman ke dalam tubuh yang menjadi tembok bagi virus tuberkolosis. Sejatinya, tubuh kita tidak memiliki sistem imun untuk mencegah penularan bakteri yang sangat berbahaya ini. Maka dengan memasukkan kuman BCG ke dalam tubuh, diharapkan menjadi pertahanan yang siap kapan saja.

Mycrobacterium Bovine berupa bakteri yang dilemahkan dalam suntikan BCG berfungsi untuk memicu pertumbuhan imun yang pada gilirannya sistem imun tersebut menghasilkan sel yang mampu melindungi dari bakteri tuberkolosis. Imunisasi ini sangat membantu dalam penanganan dini penyakit tuberkolosis, terutama dalam bentuk penyakit meningitis yang sering menyerang anak kecil.

Sejumlah penelitian menjabarkan bagaimana peran imunisasi BCG pada anak yang sangat bermanfaat, yaitu:

1. Imunisasi BCG mampu mengurangi resiko pertumbuhan bakteri tuberkolosis di dalam tubuh yang menimbulkan berbagai macam penyakit sekitar 50 persen.
2. Imunisasi BCG pada anak mampu mencegah gejala munculnya penyakit meningitis sebesar 70 persen.
3. Sistem imun yang dirangsang oleh bakteri BCG bisa bertahan lama, sekitar 10 tahun lamanya.

Efek Samping

Efek samping dari imunisasi BCG seperti halnya imunisasi lain yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui penyuntikan. Tubuh memiliki reseptor syaraf yang akan mengeluarkan gejala jika kemasukan benda. Maka begitu pula reaksi imunisasi BCG yang berbeda sesuai dengan tubuh masing-masing anak.

1. Reaksi Normal
Kerja bakteri dalam vaksin BCG sangat lambat, maka efeknya pun normalnya akan timbul sekitar 2 minggu setelah vaksinasi. Efek tersebut berupa pembengkakan kecil berwarna merah di bagian tubuh yang disuntik. Reaksi ini normal, tak perlu diberikan obat luka atau semacamnya.

2. Reaksi Berat
Reaksi yang lebih berat bisa timbul akibat kesalahan penyuntikan yang menyentuh urat saraf. Gejalanya dengan peradangan di bagian tubuh yang disuntik disertai dengan membengkaknya kelenjar limfe bagian leher atau ketiak.

3. Reaksi yang terjadi lebih cepat
Reaksinya bisa lebih cepat dari 2 minggu jika sang anak sudah pernah disuntik BCG sebelumnya, atau bahkan telah terjangkit virus BCG. Jika terjadi pembengkakan kurang dari 2 minggu, sebaiknya laporkan ke puskesmas atau bidan.

Kontra Indikasi

Pada intinya, semua orang bisa diberikan vaksin BCG, baik dalam imunisasi anak maupun pemberian vaksin pada orang dewasa. Namun beberapa keadaan di bawah ini justru berbahaya jika dilakukan vaksinasi BCG:

1. Orang yang sedang mendapatkan perawatan dengan radioterapi.
2. Sedang mengonsumsi obat imunosupresi.
3. Sedang menderita penyakit infeksi kulit.
4. Penyakit sel kulit putih.
5. Penyakit sumsum tulang belakang.
6. Terjangkit virus HIV.
7. Orang yang sedang atau pernah menderita penyakit tuberkulosis.

Sumber gambar: baby-center.ir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Akankah Kemunculan Li-Fi Menggeser Popularitas Wi-Fi?

Akankah Kemunculan Li-Fi Menggeser Popularitas Wi-Fi?

Kelebihan yang Dimiliki Anak Tunggal Mandiri, Rajin, dan Suka Membantu

Kelebihan yang Dimiliki Anak Tunggal: Mandiri, Rajin, dan Suka Membantu