Coba Cara Ini Supaya Anak Tak Malas Berangkat Sekolah
Sumber gambar: www.coarc.org
in

Coba Cara Ini Supaya Anak Tak Malas Berangkat Sekolah

UGET UGET – Ada banyak alasan anak malas untuk berangkat sekolah. Terkadang ini juga membuat para orang tua pusing. Ada yang memilih cara memarahi anaknya. Namun cara yang dilakukan seorang Ibu asal Bangkok, Thailand, Nuttanitcha Chotsirimeteekul yang mengajarkan anaknya yang berusia 5 tahun arti kerja keras melalui aksinya, nampaknya jauh lebih efektif.

Anak laki-lakinya tidak mau berangkat ke sekolah pada 18 Januari lalu. Dilansir tribunnews.com, si Ibu lantas berencana mengambil waktu libur pada suatu hari bersama suaminya untuk mengajarkan anaknya sebuah pelajaran berharga. Ibunya pun menyuruh anaknya untuk memungut sampah dan botol plastik di jalanan untuk dijual kembali.

Ceritanya ini juga diunggah dalam akun media sosial Facebooknya. Nuttanitcha bercerita bahwa dia bersama anaknya berjalan sejauh 2,2 km untuk memungut botol plastik. Mereka berhasil mengumpulkan 2 kg.

Si anak mulai kelelahan. Dia pun meminta Ibunya agar pulang menggunakan bis saja. Si Ibu bertanya, apakah mereka bisa pulang dengan uang sebesar 10 baht. Namun ternyata hasil penjualan botolnya masih belum cukup untuk mengantarkan mereka pulang. Mereka pun mencari lebih banyak botol agar bisa pulang.

Anak itu pun menjawab, “Tidak apa-apa, aku jalan saja.” Tak lama kemudian, bocah itu meminta es krim. Mereka membutuhkan uang 5 baht untuk bisa membelinya. Namun sayangnya uang mereka masih belum cukup.

Si bocah menjawab, “Tidak, aku tidak ingin lagi.” Si bocah nampak mulai kelelahan, dan dia pun mulai merengek. “Aku lelah, panas, aku ingin pulang.” Akhirnya, si anak pun tidak tahan akan susahnya bekerja mencari uang.

Cara ini memang terbilang cukup keras. Namun dari sini, si anak bisa belajar arti dari kerja keras. Hasilnya pun cukup efektif mengubah sikap si anak. Dilansir tribunnews, dalam sebuah video, si anak kembali ditanya, “Jadi mau sekolah atau kerja?”, si anak yang kelelahan dengan lantang menjawab, “Aku mau sekolah!” Haha lucu ya.

Cara Nuttanitcha dalam mengubah sikap anak ini menurut saya sangat cerdas. Sebagai Ibu, perlu menanamkan pada anak pentingnya sekolah. Meskipun dalam perjalanannya terasa membosankan dan melelahkan, itu adalah proses yang harus dilewati.

Hasilnya pun lebih efektif daripada hanya memarahi anak. Anak tidak mengerti hanya dengan dimarahi menggunakan kata-kata. Justru anak akan semakin menjadi-jadi ketika dilarang bermalas-malasan, dilarang terlalu sering main game, dan sebagainya. Dengan menunjukkan langsung lelahnya bekerja, si anak akan jauh lebih paham.

Sebagai orang tua, kita juga perlu menunjukkan bahwa nanti ada waktunya sendiri untuk bekerja. Bersekolah akan jauh lebih memudahkan perjalanan hidup kita. Sebab ada banyak pelajaran yang bisa didapat dengan bersekolah. Jadi, para orang tua sepertinya bisa mencoba cara ini.

Sumber gambar: www.coarc.org

https://www.youtube.com/watch?v=hfCWMQm_JF0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Luka Real Madrid dan Dilema untuk Dapatkan Neymar

Luka Real Madrid dan Dilema untuk Dapatkan Neymar

Ketika Google Translate Bertemu Bassis

Ketika Google Translate Bertemu Bassis