Hal Sederhana Yang Bisa Buat Malam Tahun Baru 2018 Lebih Berwarna
Sumber gambar: www.cesarsway.com
in

Hal Sederhana Yang Bisa Buat Malam Tahun Baru 2018 Lebih Berwarna

UGET UGET – Momen pergantian tahun tak pernah kehilangan semaraknya. Apalagi malam tahun baru 2018. Banyak orang ingin merayakan momen tersebut bersama orang-orang terkasih. Ada banyak hal seru yang bisa kalian habiskan sembari menunggu momen pergantian tahun tiba.

Tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. Orang biasa merayakan tahun baru pada tanggal 31 malam sampai pergantian tanggal tiba. Biasanya beberapa detik sebelum tanggal berganti, orang akan menghitung mundur hingga pukul 00.00..

Tahun baru memang menjadi momen berkesan yang tak ingin dilewatkan oleh sebagian besar masyarakat di belahan bumi mana pun. Momen yang hanya terjadi setahun sekali ini sekaligus menjadi harapan dan semangat baru untuk melakukan perbaikan-perbaikan di tahun berikutnya. Tahun baru pun menjadi waktu penanda dimulainya lembaran baru kehidupanmu.

Pergantian tahun biasanya dirayakan bersama-bersama, entah bersama keluarga, teman, saudara, atau pacar. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan untuk membuat tahun barumu lebih berwarna.

1. Menyalakan kembang api atau petasan, dan meniup trompet

Di Indonesia, tahun baru seakan belum lengkap tanpa menyalakan kembang api atau petasan. Bermain kembang api membuat malam tahun baru semakin meriah dan menyenangkan. Pesta cahaya kembang api di kebun menjadi hal yang masih kerap dilakukan sebagian besar orang.
Begitu pula dengan hingar bingar petasan. Ya meskipun sekarang penggunaannya sudah dilarang, tetapi masih saja banyak yang bandel tetap menggunakannya. Suara petasan yang berisik membuat perayaan pergantian tahun semakin ramai. Tawa canda anak-anak seakan pecah meramaikan suasana.

Begitu pula dengan tiupan trompet kala pergantian tahun. Rasanya seperti ada yang kurang kalau tak membunyikan trompet. Bahkan saudara-saudara saya banyak yang memercayai tiupan trompet dapat mengusir setan. Sehingga trompet tak hanya dibunyikan kala tahun baru, tetapi juga saat Natal atau bahkan hari-hari biasa.  Saat malam pergantian tahun tiba biasanya orang akan bersahut-sahutan meniup trompet.

2. Makan bareng keluarga

Perayaan identik dengan makan bersama. Lalu apa bedanya perayaan pergantian tahun dengan perayaan-perayaan lainnya? Nah biasanya orang Tionghoa akan makan mie saat pergantian tahun baru. Ini pun dipercaya oleh keluarga saya sebagai pralambang harapan memeroleh umur panjang seperti bentuk mie yang tak putus.

Melalui makan bersama ada doa yang terselip di dalamnya. Momen yang mungkin terlihat biasa dan jauh dari esensi hura-hura, tetapi justru jauh lebih mendamaikan hati.

3. Bebakaran

Wah kalau ini sih sudah seakan-akan menjadi kegiatan yang membudaya di Indonesia. Sembari menghabiskan waktu pergantian tahun, bebakaran menjadi hal yang asyik untuk dilakukan. Biasanya makanan yang sering menjadi pilihan, di antaranya jagung, ayam, ikan, sosis, atau bakso. Malam yang dingin menjadi semakin hangat sembari menyantap makanan di dekat perapian.

4. Kumpul-kumpul

Kapan lagi kumpul kalau bukan waktu tahun baru? Biasanya dengan adanya momen pergantian tahun, tetanggamu akan menghabiskan banyak waktu di depan rumah, iya nggak sih? Pemuda-pemudi di lingkungan rumahmu juga aktif membuat acara asyik-asyikan. Seru deh berkumpul di satu titik, menghabiskan waktu bersama, sembari ketawa-ketiwi.

5. Kemah di pantai

Ini juga menjadi salah satu opsi menghabiskan momen pergantian tahun. Beberapa orang ada yang memilih menikmati pergantian tahun dengan berkemah di pesisir pantai. Memandang lepas pantai ditemani sumilir angin sepoi-sepoi semakin menambah kesan di momen tahun barumu. Apalagi sambil membuat api unggun untuk menghangatkan tubuhmu, tidur sembari melihat bintang-bintang di langit. Semakin syahdu kala kembang api mulai menyemarakkan langit.

6. Berdoa/make a wish

Berdoa juga menjadi salah satu momen syahdu untuk merayakan tahun baru. Tahun baru menjadi harapan akan kehidupan yang lebih baik. Tahun baru harus disambut dengan positif salah satunya dengan berdoa dan menyampaikan permohonan tertentu.

7. Tukar kado

Perayaan tak lepas dari pemberian hadiah atau kado. Tradisi tukar kado juga menjadi pemanis acara tahun barumu. Akan ada banyak kejutan tak terduga saat kamu bertukar kado.

8. Membuat resolusi

Resolusi adalah rencana atau tuntutan pada dirimu sendiri yang harus kamu upayakan. Beberapa orang menyempatkan membuat target untuk perbaikan dirinya sendiri. Resolusi biasanya dapat ditulis di secarik kertas atau cukup mengingatnya dalam pikiranmu. Tetapi agar bisa terus termotivasi, kamu bisa menempelnya pada dinding kamarmu. Dengan membuat resolusi setidaknya arah hidupmu di tahun yang baru semakin jelas.

Sumber gambar: www.cesarsway.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Isu Spanyol Didiskualifikasi: Upaya yang Sama untuk Bangkitkan Tensi Piala Dunia 2018

Isu Spanyol Didiskualifikasi: Upaya yang Sama untuk Bangkitkan Tensi Piala Dunia 2018

Jangan Sampai Kita Menyesal Karena Terburu-buru

Jangan Sampai Kita Menyesal Karena Terburu-buru