Makhluk-Makhluk yang Berumur Ratusan Juta Tahun, Apa Saja Sih?
Sumber gambar: wukong.com
in

Makhluk-Makhluk yang Berumur Ratusan Juta Tahun, Apa Saja Sih?

UGETUGET | Sebenarnya dinosaurus telah punah semenjak bencana besar merundung planet ini ratusan juta tahun lalu. Namun, untungnya ada makhluk-makhluk lain yang selamat! Apa saja sih?

 Kecoa

kecoa
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Kecoa kecil bisa membuat orang-orang berteriak!. Apalagi, kecoa yang panjangnya 9 cm yang lebih besar! Para peneliti menemukan fosil kecoa yang panjangnya 9 cm beberapa tahun lalu.

Itu dua kali lipat lebih besar ketimbang ukuran kecoa biasa!

Fosil kecoa itu bernama Arthopleura puspulatus! Umurnya 300 juta tahun! Kira-kira 55 juta tahun sebelum dinosaurus pertama muncul.

Wah, tua banget dong. Betul, kecoa adalah salah satu jenis serangga tertua di dunia. Hewan ini hidup sejak zaman Carboniferus, 290 juta sampai 350 juta tahun lalu.!

Kura-Kura

kura-kura
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Keluarga kura-kura sudah lama tinggal di bumi ini. Kira-kira, lebih dari 200 juta tahun lalu! Salah satu buktinya, fosil tertua kura-kura, proganochelys. Fosil itu berasal dari akhir zaman Triassic, sekitar 210 tahun lalu. Namun, siapa tahu, ada fosil lain yang lebih tua?

Proganochelys bukan satu-satunya fosil kura-kura yang istimewa. Ada juga archelon. Fosil ini yang terbesar! Panjangnya 4 meter. Lebih panjang daripada panjang badan manusia dewasa!

Archelon diperkirakan hidup 70 juta tahun yang lalu.

Buaya

buaya
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Lihat buaya di televisi? Hiii… Seram! Ah, itu belum apa-apa. Di sebuah zaman pada 110 juta tahun yang lalu, hiduplah Sarcosuchus imperator.  Nama panggilannya Super Croc! Panjang badannya 12 meter. Kira-kira sepanjang bus kota. Lantas, beratnya 8000 kg. Pantas aja disebut buaya super!

Buaya hidup sejak zaman Triassic, yakni sekitar 220 juta tahun lalu. Kata para peneliti buaya termasuk anggota keluarga archosaurus.

Kamu tahu anggota archosaurus yang lain? Dinosaurus dan burung! Hah, padahal buaya dan burung tak mirip,ya?

Capung

Capung hinggap di batang pohon
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Kita pasti melotot kalau melihat nenek moyang capung. Namanya Meganeura. Hidupnya 300 juta tahun yang lalu di Zaman Carboniferous. Rentang sayapnya bisa lebih dari 1 meter!

Para peneliti bisa memperkirakan hal itu sebab mereka telah menemukan 2 jenis fosil Meganeura. Namanya Meganeura monyi dan Meganeura permiana.

Rentang sayap sayap kedua fosil itu sekitar 75 cm.

Hiu

hiu
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Cuma giginya aja yang ketemu. Namun, orang-orang heboh!

Megalodon atau si gigi raksasa adalah jenis ikan hiu yang hidup di antara 1 juta sampai 20 juta tahun yang lalu. Besar giginya 17 cm atau sebesar tangan manusia.

Hidup sejak zaman Denovian, antara 350 juta sampai 400 juta tahun lalu.

Hiu diperkirakan keturunan ikan cladoselache yang ada di zaman Devonian. Para peneliti pun telah menemukan fosil tertua hiu, Doliodus problematicus. Fosil itu berumur 409 juta tahun!

Bagaimana, gaes, apakah kamu semakin tertarik ingin menyelidikinya lagi dan lagi?

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kelamaan Jomblo, Bahaya Kesehatan Ini Mengancam

Kelamaan Jomblo, Bahaya Kesehatan Ini Mengancam

Kiat Bernafas Saat Melahirkan Agar Rileks

Kiat Bernafas Saat Melahirkan Agar Rileks