Makanan Pencegah Kanker Ternyata Pisang Dengan Bintik Hitam Pada Kulitnya
Sumber gambar: www.grid.id
in

Makanan Pencegah Kanker Ternyata Pisang Dengan Bintik Hitam Pada Kulitnya

UGET UGET – Tahukah kamu makanan pencegah kanker? Ya, buah pisang yang dijual di pasaran beragam tingkat kematangannya. Ada yang warnanya masih hijau sampai ada yang berwarna kuning, hingga kuning berbintik hitam. Namun sudahkah kamu tahu mana buah pisang yang baik untuk dikonsumsi?

Kalau saya sendiri jelas memilih pisang dengan kulit yang bersih, mulus, dan berwarna sedikit kehijauan. Entah kenapa menurut saya, pisang yang terlalu matang berwarna kuning pekat tak begitu menarik. Sebab tekturnya akan semakin lembek dan menggelikan. Selain itu, saya sendiri juga tak begitu menyukai makanan yang terlalu manis. Namun ternyata, pandangan saya ini keliru.

Dilansir intisari.grid.id, berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti di Jepang, mereka menemukan bahwa pisang yang matang seluruhnya mengandung TNF (Tumor Necrosis Factor). Ini adalah zat yang memiliki kemampuan melawan sel abnormal. Sel abnormal ini yang akan berkembang menjadi tumor atau kanker.

Mereka mengatakan justru pisang yang sudah matang justru mengandung lebih banyak zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang-pisang yang lebih matang ini dinyatakan memiliki sifat anti kanker. Lalu bagaimana tandanya kalau pisang sudah matang sepenuhnya? Pisang yang matang sepenuhnya ditandai dengan munculnya bintik hitam pada kulitnya. Nah pisang ini yang baik untuk dikonsumsi.

Seberapa masak buah pisang akan memengaruhi banyaknya jumlah sel dengan efek anti kanker tersebut. Artinya, semakin matang pisang, semakin tinggi zat anti kankernya. Tak hanya itu, pisang yang matang juga bagus untuk saluran pencernaan, karena gula pada pisang mudah diserap tubuh.

Berbeda dengan pisang yang masih berwarna hijau, akan jauh lebih sulit dicerna. Ini dikarenakan kandungan pati pada pisang tidak dikonversi menjadi gula. Gula ini akan langsung diubah oleh hati menjadi glukosa yang dapat digunakan untuk cadangan energi. Sehingga tidak akan memberatkan kerja hati.

Bahkan sebelumnya, masih dilansir intisari.grid.id, para peneliti telah menguji anggur, apel, semangka, nanas, dan pir, namun ternyata pisang adalah buah yang memiliki sifat anti kanker yang paling kuat.

Mungkin bagi kamu yang sedang menjalani program diet atau kamu yang memiliki riwayat diabetes, akan lebih memilih pisang berkulit hijau yang lebih rendah gula. Namun tetap saja pisang yang paling sehat adalah pisang yang matang dengan bintik hitam pada kulitnya. Hanya saja kita tetap harus mengatur konsumsinya. Sebab segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik bukan?

Sumber gambar: www.grid.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Provinsi Shandong China Inisiasi Jalan Tol Berpanel Surya

Provinsi Shandong China Inisiasi Jalan Tol Berpanel Surya

London Love Story 3 Ketika Cinta Akrab Dengan Kesedihan

London Love Story 3: Ketika Cinta Akrab Dengan Kesedihan