Asupan dan Pola Makan yang Sehat dan Teratur Bantu Cegah Batu Empedu
Sumber gambar: hamdanguangshemabu.blogspot.co.id
in

Asupan dan Pola Makan yang Sehat dan Teratur Bantu Cegah Batu Empedu

UGET UGET – Wanita asal China telah menjadi bukti pentingnya sarapan pagi serta makan yang sehat dan teratur. Akibat pola makannya yang buruk, dalam perut Chen bersarang 200 buah batu empedu.

Operasi pengangkatan batu berlangsung selama 6,5 jam di Rumah Sakit Guangji, Hezhou. Batu-batu tersebut ditemukan di kantong empedu dan hati Chen seukuran kerikil bahkan ada yang sebesar telur ayam.

Setelah ditilik berdasarkan diagnosis dokter asal Inggris, hal tersebut terjadi sebab Chen tidak pernah sarapan pagi selama bertahun-tahun. Selain itu Chen juga sering mengonsumsi makanan kadaluarsa dan sering makan pada jam yang tidak semestinya.

Kita perlu memerhatikan asupan makanan pada tubuh. Apabila makanan tidak sehat, tubuh pun akan merespon buruk. Untuk mahasiswa atau pekerja kantoran mungkin sulit untuk menyempatkan sarapan pagi. Teman-teman saya pun banyak yang menjadikan makan siang sekaligus sarapan pagi. Minimnya waktu yang tersedia lantas membuat mereka meniadakan sarapan pagi.

Padahal sarapan pagi penting sebagai bekal energi sebelum memulai aktivitas. Bahkan penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania School of Nursing menyebutkan, anak yang sarapan pagi lebih cerdas daripada yang tidak.

Dilansir merdeka.com, penelitian tersebut menjelaskan bahwa anak-anak yang rutin sarapan pagi di rumah terbukti mempunyai skor yang lebih tinggi saat tes IQ dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan atau makan hanya sesekali. Selain itu mereka yang jarang sarapan juga memiliki kemampuan verbal dan non verbal yang lebih rendah.

Sayangnya, mereka yang rutin sarapan pagi sering diasosiasikan sebagai anak mami. Sebaliknya mereka yang tidak sarapan pagi malah dianggap mandiri dan tangguh. Ini benar-benar terjadi di lingkungan teman kampus saya. Mereka yang tinggal bersama orang tua sekaligus kerap mendapat sarapan pagi biasanya akan disebut anak terurus.

Padahal dalam kondisi lapar, pikiran sulit berkonsentrasi. Lalu apa sulitnya dan apa masalahnya dengan meluangkan sedikit waktu untuk sarapan pagi? Justru dengan sarapan dan makan teratur tubuh semakin sehat dan dapat memberikan totalitas di setiap pekerjaan.

Pun, asupan makanan yang tak sehat berakibat pada munculnya batu empedu (Gallstones/Bilestones). Dilansir doktersehat.com, batu empedu merupakan potongan-potongan bahan padat yang terbentuk di kantung empedu. Batu-batu ini berkembang karena kolesterol dan pigmen empedu yang kadang-kadang membentuk partikel keras seperti yang dialami Chen.

Dilansir dari wowfakta, batu empedu dapat mengakibatkan turunnya berat badan. Pun, biasanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan dan berusia lebih dari 40 tahun. Meskipun begitu, untuk kalian yang masih muda menjaga pola dan asupan makanan juga penting. Ayo ubah gaya hidupmu dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Kesehatanmu adalah masa depanmu.

Sumber gambar: hamdanguangshemabu.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pasangan Boneka Barbie Silikon Hingga Gatebox Virtual Home Robot

Pasangan Boneka Barbie Silikon Hingga Gatebox Virtual Home Robot

Kolom Miss Understanding di Fanspage U.S. Embassy – Jakarta Indonesia Bisa Bantu Asah Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Kolom “Miss Understanding” di Fanspage U.S. Embassy – Jakarta Indonesia Bisa Bantu Asah Kemampuan Bahasa Inggris Kita