Mahasiswa Semester Akhir Akan Lebih Mudah Bereaksi Ketika Diberi Pertanyaan Seperti Ini Apakah Kamu Juga Merasakannya
Sumber gambar: news.okezone.com
in

Mahasiswa Semester Akhir Akan Lebih Mudah Bereaksi Ketika Diberi Pertanyaan Seperti Ini: Apakah Kamu Juga Merasakannya?

UGETUGET Menjadi mahasiswa semester akhir itu memang sebuah keharusan yang tidak dapat kamu tolak. Beberapa tahun yang lalu kamu telah merasakan kegembiraan menjadi mahasiswa baru, namun kini saatnya kamu berganti status menjadi mahasiswa semester tua yang penuh dengan misteri. Ya, penuh misteri. Banyak adik tingkat atau orang-orang sekitarmu yang banyak menanyakan hal-hal pribadi tentangmu. Apa kamu juga merasakannya?

Budaya Indonesia yang ingin tahu segala hal tentang orang lain sepertinya sulit untuk dihilangkan. Ada saja orang-orang yang ingin tahu masalah pribadi kita. Mulai dari stalking di media sosial sampai tanya-tanya dengan orang terdekat kita. Lantas kalau sudah tahu manfaatnya apa sih?

Begitu pula dengan mahasiswa semester akhir yang tentunya akan lebih banyak mendapatkan pertanyaan sensitif. Rasanya kalau mendapatkan pertanyaan semacam itu langsung bereaksi. Awalnya yang biasa-biasa saja, namun ketika pertanyaan itu sering dilontarkan rasanya jadi kesal, sebel, dan menyakitkan. Pertanyaan apa yang dimaksud?

SKRIPSI UDAH SELESAI BELUM?

Iya iya, tahu. Beban tugas mahasiswa semester akhir itu memang membuat skripsi. Tapi proses membuat skripsi antara satu mahasiswa dengan yang lainnya berbeda. Ada yang langkah-langkahnya mudah, ada yang sulit. Ada yang dapat dosen pembimbing mudah ditemui, ada yang dosen pembimbingnya susah ditemui.

Skripsi Udah Selesai Belum
Sumber gambar: lucu.me

Jadi, jangan menyamaratakan mahasiswa yang skripsinya belum kelar itu sebagai orang-orang yang akademiknya kurang. Terutama nih buat adik tingkat. Jangan suka membanding-bandingkan kakak tingkat.

”Mas kamu kok belum sidang skripsi? Itu kemarin temenmu sudah, lho. Wah ditinggal wisuda nih!”

Minta ditampol nih adik tingkat macam ini. Pokoknya buat kalian yang punya temen lagi skripsian, jangan sering tanya-tanya tentang skripsi ya! Kayak nggak ada pertanyaan lain aja?

KAPAN WISUDA?

Nah ini nih kelanjutan dari pertanyaan “skripsi udah kelar belum?” Pasti nanti ujung-ujungnya tanya “kapan wisuda?”

KAPAN WISUDA
Sumber gambar: kampusked.com

Skripsi aja belum kelar, malah dibikin panas dengan pertanyaan tentang kapan wisuda. Tunggu aja deh, besok juga wisuda kok!

UDAH PUNYA PACAR BELUM?

Tolong ya, sungguh ini pertanyaan sensitif banget! Masalah percintaan nggak perlu ditanyain lagi deh! Skripsi aja belum kelar, boro-boro mau cari pacar.

UDAH PUNYA PACAR BELUM
Sumber gambar: trikcarijodoh.wordpress.com

Nanti masalahnya malah tambah banyak. Skripsi banyak revisian, pacar ngambek terus karena ditinggal ngerjain skripsi.

KAPAN NIKAH?

Namanya mahasiswa semester akhir tentunya usianya sudah tidak muda lagi. Kira-kira usianya sudah mencapai 20 tahun ke atas. Pertanyaan “kapan nikah” ini juga cukup sensitif, apalagi bagi mahasiswa yang sudah punya pacar namun belum nikah juga.

KAPAN NIKAH
Sumber gambar: elmina.id

Lah ngapain ngurusin nikahnya orang lain? Memang sih sekarang sedang musim nikah muda, apalagi banyak mahasiswa yang sudah menikah juga. Tapi menikah itu butuh banyak persiapan. Kalau memang belum siap ya memang belum tahu kapan mau nikah. Jadi tolong ya, kurang-kurangi tanya hal seperti ini.

UDAH KERJA BELUM?

Mahasiswa semester tua itu memang punya waktu luang yang lebih. Karena ya sudah tidak kuliah lagi, sudah bebas teori, dan fokus dengan skripsi.

Banyak mahasiswa di luar sana yang pastinya mencari kerja sampingan untuk mengisi waktu luang ketika skripsi.

UDAH KERJA BELUM
Sumber gambar: kompasiana.com

Tapi kalau untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan seperti yang diharapkan orang tua (contohnya kerja kantoran), mungkin belum bisa terealisasikan.

Ada beberapa faktor, misalnya untuk masalah waktu tidak bisa fleksibel, harus stay di kantor terus, padahal masih punya beban untuk mengerjakan skripsi. Selain itu yang dibutuhkan adalah orang-orang yang sudah lulus, jadi ya buat yang belum lulus kuliah belum bisa kerja mapan seperti yang diharapkan orang tua.

Mahasiswa Semester Akhir Akan Lebih Mudah Bereaksi Ketika Diberi Pertanyaan Seperti Ini Apakah Kamu Juga Merasakannya
Sumber gambar: news.okezone.com

Buat kamu mahasiswa semester akhir, apakah kamu juga sensitif dengan pertanyaan-pertanyaan di atas? Yang sabar ya, gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Keren! Event Jepang Ini Akan Memadupadankan Budaya Jepang dan Jawa

Keren! Event Jepang Ini Akan Memadupadankan Budaya Jepang dan Jawa

Tips Hemat Belanja Selama Bulan Ramadhan

Tips Hemat Belanja Selama Bulan Ramadhan