Lupa Saat Memasuki Ruangan Baru? Mungkin Kamu Mengalami Doorway Effect
Sumber gambar: www.scienceabc.com
in

Lupa Saat Memasuki Ruangan Baru? Mungkin Kamu Mengalami Doorway Effect

UGET UGET – Manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Otak manusia diciptakan terbatas. Salah satunya manusia terbatas untuk mengingat segala hal. Yup, dengan kata lain, manusia juga bisa lupa. Lupa memang bisa sifatnya wajar maupun merupakan sebuah penyakit. Namun secara umum, manusia bisa saja lupa. Salah satunya ketika kita lupa seketika saat memasuki ruangan. Secara ilmiah ini disebut doorway effect.

Meskipun manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna di antara ciptaan lainnya. Namun manusia tetap diberikan kekurangan, yakni lupa. Lupa bisa terjadi, baik itu di usia muda maupun tua. Biasanya risiko menjadi pelupa akan semakin besar saat usia senja.

Apa kamu pernah mengalami lupa begitu kamu memasuki ruangan lain di rumah, kampus, atau di tempat-tempat lain? Nah, untuk lupa jenis ini pasti sering kita temui. Entah itu terjadi padamu, atau orang lain di sekitarmu.

Saat kamu hendak mengambil buku di kamar, seketika kamu lupa mengapa kamu menuju kamar. Saat kamu berniat membuat teh di dapur, seketika kamu malah mengambil piring. Atau saat kamu sudah mau mengambil jas hujan di garasi untuk kamu bawa pergi ke kampus, seketika lupa apa yang mau kamu ambil.

Akhirnya hal yang kamu lakukan adalah berusaha mengingatnya kembali. Atau cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan reka ulang aktivitasmu di ruangan sebelumnya. Ya, dengan melihat setiap objek yang ada di sana. Biasanya cara ini ampuh membantumu mengingat kembali. Sebab cara ini dapat memudahkanmu menemukan kata kunci dari barang atau hal yang akan kamu lakukan.

Fenomena ini tentu pernah terjadi padamu. Tahukah kamu, kondisi ini kerab disebut sebagai “doorway effect”. Ini terjadi karena otak kita aktif memilah-milah berbagai hal. Otak kita sibuk menerima informasi, dan yang terjadi informasi satu bisa saja tertimbun oleh informasi lain.

Fenomena ini sekaligus menunjukkan bahwa cara kerja otak kita begitu kompleks. Dan kenapa pintu? Kenapa harus pergantian ruang yang membuat otak kita lupa? Dilansir beritagar.id, ini disebabkan karena otak kita mempersepsikan ambang pintu sebagai semacam titik lepas.

Sehingga saat kita masuk ke ruangan baru, otak akan mengirim sinyal pada memori. Otak pun melakukan penyesuaian. Otak kita akan dengan otomatis dihadapkan dengan objek-objek, barang, benda, atau perkakas pada ruangan baru yang membuat kita seketika lupa akan apa yang hendak kita lakukan.

Selain itu, otak kita juga selalu membuat keputusan dalam waktu singkat. Sehingga ini bisa jadi faktor mengapa kita sering tidak begitu menyadari apa yang kita lakukan akan hal-hal sepele.

Nah kamu tak perlu khawatir, jika lupa jenis ini terjadi padamu. Namun untuk mengatasi ini, kamu bisa melakukan berbagai cara yang dapat melatih otakmu untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Sumber gambar: www.scienceabc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pasca Putus, Cewek akan Lebih Getol Menelusur Siapa yang Benar dan Salah

Pasca Putus, Cewek akan Lebih Getol Menelusur Siapa yang Benar dan Salah

Kenapa Sih Orang Indonesia Menggunakan Social Media Untuk Jualan? Apa Benar Begitu Penggunaanya?

Kenapa Sih Orang Indonesia Menggunakan Social Media Untuk Jualan? Apa Benar Begitu Penggunaanya?