Lima Manfaat Menangis Bagi Bayi!
Sumber gambar: toplist.vn
in

Lima Manfaat Menangis Bagi Bayi!

UGETUGET | Hampir semua orang akan merasa gugup ketika bayi menangis. Apalagi mama muda, pasti peristiwa ini tentu menjadi mimpi buruk.

Tentu tangisan bayi selama ini diasosiasikan sebagai hal yang buruk. Padahal menangis merupakan bahasa bayi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orangtua maupun orang-orang terdekatnya.

Ada juga orang tua yang justru melarang dan memarahi anaknya yang sedang menangis, seolah tidak kuat mendengar suara tangisan. Melarang si kecil menangis hanya akan membuat dirinya tertekan dan hanya memendam perasaannya sendiri.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa menangis itu alami dan juga baik selama masih dalam tahap usia kanak-kanak.

menangis dan manfaatnya
Sumber gambar: lumennews.id (Menangis dan manfaatnya).

Berikut beberapa manfaat menangis pada anak yang jarang disadari oleh orang tua.

Sarana Komunikasi

Menangis merupakan cara paling mudah bagi bayi untuk berkomunikasi. Menangis bisa diartikan meminta sesuatu, perhatian atau bahkan bantuan.

Sebagai orang tua, harusnya lebih peka terhadap tangisan bayi. Sebab ada beberapa jenis tangisan bayi.

Jadi jangan langsung mendikte seorang bayi itu cengeng (suka menangis), padahal orang tuanya sendiri yang tidak tahu keinginan sebenarnya dari si anak.

meningkatkan imun tubuh
Sumber gambar: blood.gov.au (Meningkatkan imun tubuh).

Membantu Membuka Rongga Paru-Paru Untuk Bernapas

Mengapa bayi yang baru dilahirkan menangis? Tangisan pertama bayi sangat penting, sebab kegiatan ini membantu terbukanya rongga paru-paru agar mudah menghirup udara bumi untuk pertama kalinya.

Proses ini juga membantu bayi belajar untuk bernapas dengan baik. Dengan begitu seiring bertambahnya usia, ia yang menangis juga akan terbantu sistem pernapasannya.

Membantu Anak Berolahraga

Mengapa? Sebab pada saat bayi menangis banyak otot-otot pada tubuh meregang dan hal itu bisa dikatakan sebagai salah satu aktivitas olahraga yang baik untuk kesehatan bayi.

Sebenarnya menangis menjadi alternatif bagi anak untuk berolahraga. Mengingat ketika menangis berarti secara tidak langsung tubuh mengeluarkan energi. Meskipun begitu orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak menangis terlalu lama.

Lima Manfaat Menangis Bagi Bayi!
Sumber gambar: toplist.vn (Manfaat menangis bagi bayi).

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketimbang memendam emosi, justru anak jauh lebih baik menangis, sebab hal ini akan mengganggu kesehatan, terutama fungsi otak, fisik dan mental.

Dalam hal ini menangis dapat membuat anak jauh lebih sehat dari sebelumnya. Hal ini disebabkan meningkatnya sistem kekebalan tubuh anak.

Mendekatkan hubungan orang tua dengan anak

Nah ini penting. Sebagaimana tangisan merupakan bentuk komunikasi, sehingga ketika orang tua peka terhadap jenis tangisan bayi akan memperkuat hubungan. Terkadang bayi menggunakan tangisan agar ibunya mendekat dan ingin digendong.

Orang tua harus bisa memberikan perhatian kepadanya saat tangisannya tak kunjung berhenti.

Written by Budi

Sehat selalu.

6 Alasan Mengapa Harus Menulis

Mengenal Ajeng, Si Gitaris Cewek Punk

Mengenal Ajeng, Si Gitaris Cewek Punk