Lika-Liku yang Akan Kamu Hadapi Ketika Skripsi, Rasa Malas Salah Satunya
Sumber gambar: unycommunity.com
in

Lika-Liku yang Akan Kamu Hadapi Ketika Skripsi, Rasa Malas Salah Satunya

UGET UGETSkripsi adalah tugas akhir perkuliahan yang wajib dikerjakan untuk mahasiswa S-1 demi mengejar gelar sarjana. Terkadang skripsi menjadi momok yang sangat menakutkan bagi mahasiswa. Banyak pula lika-liku yang dihadapi mahasiswa ketika sedang skripsi, salah satunya adalah rasa malas.

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat mahasiswa ketika ia telah selesai menempuh jenjang S-1. Perjalanan untuk meraih gelar tersebut juga tidak mudah. Ada beribu-ribu cobaan yang akan dihadapi.

Namun percayalah, dibalik lika-liku tersebut ketika kita selesai nanti akan merasakan sebuah rasa lega tiada tara. Akan ada rasa senang dan bahagia karena mampu menyelesaikan karya yang kita buat sendiri tersebut.

Lantas, apa saja lika-liku yang akan kamu hadapi ketika skripsi? Apa kamu sekarang juga sedang mengalaminya?

Pertama adalah masalah dengan dosen pembimbing.

Maksudnya masalah jangan diartikan sebagai hal yang negatif dulu ya. Ketika skripsi pasti ada saja masalah dengan dosen pembimbing. Misalnya, dosen pembimbing yang susah ditemui, dosen pembimbing sangat sibuk, dosen pembimbing suka ganti jadwal pertemuan, dosen pembimbing yang jarang balas pesan kita, dan masalah lainnya. Sungguh, pasti ada aja masalah dengan dosen pembimbing.

Tapi tidak mengapa kawan. Itu adalah batu pijakan agar kita lebih semangat lagi dalam menghadapi skripsi. Jangan cepat mengeluh hanya gara-gara dosen pembimbing. Percayalah, dosen pembimbing akan mengarahkan dan membimbingmu dalam mengerjakan skripsi agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Kedua adalah rasa malas.

Rasa malas datang ketika skripsi itu sangat wajar. Mau mengerjakan sekarang malas, besok juga malas. Rasanya malas terus. Karena mengerjakan skripsi itu memang bikin jenuh, suntuk, dan lelah. Pas istirahat sebentar bakal keterusan dan jadi malas.

Tapi kalau kita tidak bisa mengontrol rasa malas, mau selesai kapan skripsi ini? Kan dari kampus ada tuntutan untuk lulus tahun ini. Nggak  mau juga kan kamu dikeluarkan dari kampus gara-gara skripsi nggak kelar akibat malas?

Mulai sekarang harus buang jauh-jauh rasa malas. Harus ada semangat dari diri sendiri agar tidak berlarut-larut dalam rasa malas. Semangat terus ya! Kalau kamu membuang rasa malasmu, skripsimu akan cepat kelar dan kamu segera wisuda yeeey.

Ketiga adalah ganti-ganti judul skripsi.

Meskipun kamu di semester sebelumnya sudah mengajukan judul, kalau dosen pembimbing tidak menyetujui bagaimana? Otomatis kamu harus segera ganti judul juga kan?

Ganti judul skripsi itu terkadang cukup berat, ditambah lagi banyak tuntutan dari dosen pembimbing untuk mencari judul yang belum pernah dibahas, harus mencari judul yang fresh.

Hal ini juga sebagai pembelajaranmu agar lebih kreatif dalam mencari judul, mencari kajian yang berbeda dari skripsi yang sebelumnya. Kalau kamu dapat menemukan judul yang baru, dosen pembimbing juga akan senang denganmu karena kamu mampu berpikir kreatif dalam mencari judul.

Keempat adalah susahnya mencari referensi.

Judul sudah oke, latar belakang juga sudah oke, namun bagian bab teori masih terus dibenahi. Sungguh bab kajian teori itu sangat sulit. Harus mencari referensi dimana-mana untuk kajian tugas akhirmu.

Kamu akan sering berkunjung ke berbagai perpustakaan. Mulai dari perpustakaan kampus tetangga sampai perpustakaan kota. Atau kamu juga harus mencari jurnal-jurnal ilmiah.

Kelima adalah banyaknya lowongan part time.

Sangat wajar ketika skripsi kamu memiliki waktu luang. Waktu luang tersebut sebenarnya bisa kamu isi dengan magang atau kerja part time.

Namun kalau keasikan dengan magang atau kerja part time, skripsimu bisa terbengkalai. Kamu juga akan ditanya oleh dosen pembimbing terus.

Nah, sarannya kalau kamu ingin tetap bisa skripsi dan kerja kamu harus bisa membagi waktu. Misalnya pagi untuk kerja dan malamnya untuk mengerjakan skripsi. Yang penting skripsi harus tetap kamu kerjakan ya.

Sumber gambar: unycommunity.com/5-tantangan-mahasiswa-dalam-menulis-skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kecenderungan Generasi Milenial Zaman Now- Kenapa Sih Suka Batalin Janji di Menit Terakhir?

Kecenderungan Generasi Milenial Zaman Now: Kenapa Sih Suka Batalin Janji di Menit Terakhir?

Cemberut Lucu Ketika Digodain, Tingkahmu Justru Bikin Cowok Senyum-Senyum Sendiri

Cemberut Lucu Ketika Digodain, Tingkahmu Justru Bikin Cowok Senyum-Senyum Sendiri