Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk
Poster Under The Skin
in

Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk

UGET UGET – Apa Anda sudah membuat agenda liburan panjang minggu ini? Jika belum, atau sedang berlibur ke Jogja dan tak memiliki jadwal yang padat di malam Minggu, bolehlah untuk berkunjung ke Redbase Foundation Yogyakarta, Ds. Jurug RT 02, No. 72, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Malam Minggu nanti (31 Maret) akan ada pembukaan pameran tunggal perupa muda asal Tabanan Bali, Citra Sasmita. Pameran ini berjatuk Under The Skin, dan akan berlangsung dari 31 Maret sampai 28 April 2018. Selanjutnya, pada 2 April nanti akan diadakan diskusi artist talk.

Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk3

Pameran ini merupakan presentasi akhir dari program residensi yang diselenggarakan oleh Redbase Foundation selama kurang lebih tiga bulan. Redbase secara intensif membuka kesempatan bagi seniman-seniman muda yang berasal dari luar kota Yogyakarta untuk merasakan pengalaman tinggal dan berkarya di kota ini.

Citra sendiri merupakan perupa muda Bali yang telah aktif lama dalam kegiatan seni rupa. Ia mengawali karir keseniannya saat menjadi ilustrator cerita pendek di Bali Pos sejak tahun 2012.

Beberapa kali mengikuti pameran seni rupa bersama di Bali dan kota-kota lainnya. Karya-karyanya banyak mengangkat tema seputar dunia perempuan, terutama dalam konteks budaya Bali yang begitu kental dengan nuansa patriarkis dan seksualitas.

Dalam masa residensinya yang intens selama tiga bulan, Citra melakukan eksplorasi tema perempuan dalam budaya Jawa, yang memiliki kemiripan budaya dengan Bali. Citra menjadikan aktivitas perempuan di pasar-pasar Yogyakarta sebagai representasi kebudayaan Jawa.

Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk 2

Pada sejumlah karyanya, Citra menghadirkan figur-figur perempuan dengan benda-benda yang lazim kita jumpai di pasar, seperti daging, serbet, juga keranjang. Dengan kedalaman artistiknya, Citra tidak membuat lukisan realistik sebagaimana potret-potret perempuan di pasar. Citra mengubahnya lebih simbolis, di mana perempuan-perempuan itu menggambarkan realitas patriarkis yang masih berjalan di kebudayaan Jawa.

Sebagaimana tajuk pamerannya, Under The Skin, Citra menawarkan perspektif melihat perempuan secara luas. Bukan hanya yang terlihat dari luar lewat kulit, rambut, serta sorot mata; tetapi mengajak kita merenungkan bagaimana sorot mata, penampakan kulit dan rambut mewakili psikologi, budaya, dan spirit perempuan. Sehingga, bukan hanya perempuan yang menghabiskan hari-harinya di pasar, tetapi lukisan-lukisan Citra mewakili seluruh perempuan di lapisan masyarakat.

Maka menarik untuk berkunjung ke Redbase, merefleksikan diri sebagai ibu dan perempuan di tengah kebudayaan kita, yang telah tercermin dalam bingkai-bingkai lukisan. Sebab, sesekali kita perlu keluar dari rutinitas dan melihat pekerjaan sehari-hari kita dari jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Taman Nasional Alas Purwo - Wisata Taman Nasional Jawa Timur

Wisata Taman Nasional Jawa Timur

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi DPT untuk Anak

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi DPT untuk Anak