Langkah Belajar Menjadi Pendongeng, Mau Tahu?
Sumber gambar: kompasiana.com
in

Langkah Belajar Menjadi Pendongeng, Mau Tahu?

UGETUGETMendongeng itu tidak sulit! Kita semua bisa melakukannya. Namun, untuk jadi pendongeng yang bisa membuat decak kagum banyak orang, katanya ada langkah tepatnya.

Mari, kita pelajari bersama-sama langkah tepat untuk menjadi pendongeng.

Menciptakan Gaya Sendiri

Pendongeng hebat biasanya punya gaya mendongeng sendiri. Ada yang mendongeng dengan iringan musik. Ada yang suka memakai boneka tangan. Ada juga yang menggunakan tali. Kita tak perlu meniru gaya orang lain. Mari ciptakan gaya.

Menirukan Suara

Pasti lebih asyik kalau setiap tokoh dalam dongeng punya jenis suara sendiri. Kita bisa berlatih menciptakan suara unik, misalnya dengan menjepit hidung, menutup mulut dengan sapu tangan, atau melipat bibir.

Pernapasan

Melatih pernapasan, artinya kita belajar mengatur napas. Tidak seru, kan, kalau kita mendongeng dengan napas terengah-engah? Lalu bagaimana melatih pernapasan? Cara paling mudah untuk melatih pernapasan tentu saja dengan berolahraga.

Suhartini pendongeng dari Kalimantan Timur
Sumber gambar: pendongeng.id (Suhartini pendongeng dari Kalimantan Timur).

Berkenalan Dengan Tokoh

Sebelum mendongeng, kita harus kenal dengan tokoh-tokoh yang kita ceritakan. Kalau tokohnya kakek-kakek, maka kita harus belajar berperan menjadi kakek-kakek.

Coba perhatikan kakek-kakek yang tinggal di dekat kita! Atau justru bisa bertanya kepada orang lain.

Melatih Gerakan

Gerakan tubuh dan tangan akan membantu memperjelas cerita. Contohnya, mengayunkan tangan ketika sedang bercerita tentang burung yang terbang.

Namun, gerakan pun tidak boleh terlalu banyak, supaya tidak merusak cerita. Agar lebih mudah, kita bisa mencobanya di depan cermin. Tidak perlu malu, kan?

Berpakaian Sederhana

Sebaiknya kita memakai pakaian yang sederhana dan nyaman. Dengan begitu, pendengar atau audience akan lebih tertarik pada cerita kita ketimbang kostum kita.

Tampil Menyenangkan

Kita juga harus mendongeng dengan suara dan perasaan yang menyenangkan. Tujuannya agar pendengar ikut senang. Dengan begitu, suasana ketika kita mendongeng  akan lebih berwarna dan bervariasi.

Belajar Kosakata

Ini tak kalah pentingnya, karena kita harus belajar banyak perbendaharaan kata/kosakata. Kalau kita mendongeng dengan kata-kata itu-itu saja dan berulang-ulang. Tentu saja, pendengar akan cepat jenuh.

Lalu, bagaimana teman-teman, apakah kalian sudah siap menjadi pendongeng?

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Deretan Resep Sarapan Simple Untuk Kamu Yang Sedang Menikmati Status Sebagai Istri

Deretan Resep Sarapan Simple Untuk Kamu Yang Sedang Menikmati Status Sebagai Istri

Energi Listrik dari Perkebunan Kincir Angin

Energi Listrik dari Perkebunan Kincir Angin