Lampung Krakatau Festival 2018: Parade Budaya Mengenang Letusan Bersejarah Krakatau
Sumber gambar: Indonesia Kaya
in

Lampung Krakatau Festival 2018: Parade Budaya Mengenang Letusan Bersejarah Gunung Krakatau

UGET-UGET | Ada banyak cara untuk mengenang peristiwa tertentu. Bisa dituliskan, diceritakan, ataupun bisa melalui pagelaran acara tertentu. Dan Lampung menggunakan cara tersebut untuk memperingati dan mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 26 dan 27 Agustus 1883.

Dilansir dari majalah Forbes, letusan Gunung Krakatau di pulau kecil yang terletak di tengah Selat Sunda pada Agustus 1883, dalam beberapa aspek, bisa disebut sebagai bencana global pertama yang tercatat dalam sejarah. Hal ini bisa dilihat dari dampak letusan ini bagi dunia.

Kala itu, akibat letusan Krakatau yang melontarkan sulfur dioksida dan gas-gas lain ke atmosfer bumi, menjadikan suhu global rata-rata mencapai 1,2 derajat lebih dingin selama lima tahun terhitung sejak letusan.

Mengingat efek dan daya kejut dari gunung yang ledakannya terdengar hingga Australia ini, maka tak heran jika Pemerintah Republik Indonesia, melalu Kementerian Pariwisata ingin menjadikan Krakatau sebagai salah satu ikon dan destinasi wisata Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Festival Krakatau 2018

Dilansir dari CNNIndonesia, dirinya mengungkapkan bahwa Krakatau akan menjadi ikon dengan wadah yang disebut Festival Krakatau. Dengan mengambil tagline nature, culture and adventure, diharapkan nama besar Krakatau yang dikenal oleh penduduk di seluruh dunia bisa dijadikan sebagai batu pijakan untuk mempopulerkan Lampung sebagai destinasi wisata.

“Sudah saatnya fokus pada brand, nama Krakatau yang mendunia dan kualitas di Indonesia,” paparnya.

Lampung Krakatau Festival 2018 yang sudah dilaksanakan sebanyak 28 ini merupakan agenda tahunan daerah Lampung. Penyelenggaraan festival ini sendiri bertujuan untuk mengenang letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Selain itu juga digunakan sebagai sarana apresiasi dan pelestarian seni budaya daerah.

Lampung Krakatau Festival 2018: Parade Budaya Mengenang Letusan Bersejarah Krakatau
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Dalam festival ini, pengunjung akan disugui berbagai macam kegiatan utama dan juga kegiatan tambahan. Anda bisa menyaksikan Parade dan Karnaval Daerah lalu dilanjutkan dengan menikmati keindahan alam melalui perjalanan wisata Tour Krakatau.

Festival yang menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Agustus 2018 ini menjadikan Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan sebagai tempat penyelenggaraan.

Dalam penjelasan Gubernur Lampung M. Rido Ficardo seperti dilansir dari Pedomanwisata.com, festival ini akan menyambut kurang lebih 30.000 wisatawan dengan sorotan utama beberapa destinasi wisata unggulan di Lampung, antara lain: Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu dan Taman Nasional Way Kambas.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Setelah 28 Tahun Pembangunan, Akhirnya Patung GWK Selesai Juga

Manfaat Self Talk yang Baik untuk Kondisi Psikis Seseorang

Manfaat Self Talk yang Baik untuk Kondisi Psikis Seseorang