Ini Tandanya Kalau Kamu Terlalu Lama Kesepian
Sumber gambar: thewisdomdaily.com
in

Ini Tandanya Kalau Kamu Terlalu Lama Kesepian

UGET UGET – Sering menghabiskan waktu seorang diri dan cenderung menarik diri dari lingkungan sosial membuat seseorang rentan merasa kesepian. Ciri-ciri orang yang merasa kesepian ini bisa dikenali dari tanda-tanda berikut.

1. Kamu jadi negatif thinking dan mudah berburuk sangka pada orang lain.

Orang yang kesepian biasanya sekalinya bersosialisasi mudah menganggap orang lain sebagai ancaman. Sebab selama ini dia sudah merasa nyaman dan aman dengan dirinya sendiri. Kesepian membuat orang menjadi kurang akrab dengan perbedaan sifat manusia satu dengan yang lainnya. Sehingga orang kesepian kerap merasa ada gap saat berhadapan dengan orang-orang baru.

“Dia terlalu nyablak, tidak cocok denganku, aku tidak bisa berteman dengannya.” Atau “dia sepertinya hanya ingin memanfaatkanku saja.” “Jangan-jangan dia dekat-dekat cuma mau gratisan aja.” Pikiran negatif semacam ini mungkin akan bermunculan untuk orang yang kerap merasa kesepian. Kurangnya mendapat penerimaan dari orang lain, membuatnya membenci orang-orang di sekitarnya tanpa sebab.

Dia akan mudah menilai seseorang memiliki perilaku yang buruk dan tidak sopan. Orang yang kesepian juga mudah tersinggung. Teman melontarkan banyolan, malah ditanggapinya serius. Kesepian memang tidak baik dibiarkan terlalu lama. Lebih baik usahakan setiap hari tetap menjalin komunikasi dengan siapapun itu. Dengan begitu kamu tak akan merasa murung dan kesepian.

2. Rasa percaya dirimu menurun.

Akibat kurang bersosialisasi dan merasa kesepian, rasa percaya dirimu semakin menurun. Jarangnya kamu bergaul dengan sebuah kelompok sosial juga membuatmu merasa ketinggalan momen kebersamaan. Kamu jadi minder, takut, dan canggung untuk membuka maupun masuk dalam sebuah obrolan. Dalam sebuah diskusi, kamu pun malu untuk menyampaikan pendapat karena kamu merasa bagaikan orang asing di situ.

Untuk sekadar menyampaikan sebuah presentasi pun, kamu mudah gugup dan berkeringat dingin. Kamu tak terbiasa menerima tanggapan, saran, maupun kritik dari orang lain. Kamu pun sering salah tingkah dalam menyampaikan argumenmu di hadapan banyak orang. Pikiran seperti, “kayaknya dia nggak suka dengan orang sepertiku,” mungkin kerap muncul. Inilah yang membuatmu semakin menarik diri agar kekuranganmu tertutup rapat.

Kurang bersosialisasi juga membuat orang mudah merasa banyak kekurangan, sebab dengan tidak membuka diri, dia merasa skillnya kurang terasah. Dia merasa tidak yakin bahwa dirinya juga memiliki keunggulan. Orang yang tidak begitu punya skill, asal lingkup pergaulannya luas akan jauh lebih beruntung daripada yang tidak.

3. Kamu juga kurang peka dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

Jiwa sosialmu yang menurun juga berpengaruh terhadap bagaimana caramu berelasi dengan orang lain. Kamu terbiasa menjadi pribadi yang individualis. Semuanya dikerjakan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Maka ketika ada orang lain sedang merasa kesulitan, orang ini cenderung abai.

Orang yang kesepian akan bingung mengenai apa yang harus dia lakukan menghadapi situasi seperti itu. Ini membuatnya kurang sigap. Orang lain mungkin akan menilainya sebagai pribadi yang tidak peduli dan tidak peka. Sebab dia sendiri pun tak terbiasa membantu dan menenangkan perasaan orang lain. Bahkan dia lebih berpikir, bahwa orang lain pasti bisa mengatasinya sendiri, seperti apa yang dia lakukan terhadap dirinya.

Sumber gambar: thewisdomdaily.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Sisi Positif Kalau Kita Mempunyai Teman Beda Selera

Sisi Positif Kalau Kita Mempunyai Teman Beda Selera

Badai Cedera Hantui Konsistensi Pep Guardiola

Badai Cedera Hantui Konsistensi Pep Guardiola