Lagu Sayang Om Wawes Terinspirasi Dari Lirik Lagu Bahasa Jepang
Sumber gambar: 17lirik.com
in

Lagu Sayang Om Wawes Terinspirasi Dari Lirik Lagu Bahasa Jepang

UGETUGET | Nama Om Wawes mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para anak muda penikmat musik dangdut. Grup musik yang berasal dari Yogyakarta, yang dikenal sebagai grup band “Dangdut Remukan Ati” ini ternyata memiliki lagu yang terinspirasi dari lagu bahasa Jepang lho, Gaes.

Yap, lagu yang berjudul “Sayang” dari Om Wawes ternyata terinspirasi dari lagu Bahasa Jepang yang berjudul “Mirai e” Gaes. Wah seperti apa ya kira-kira kisahnya? Yuk kita lihat sedikit kisahnya.

Tentang Om Wawes

Om Wawes Dangdut remukan ati asal Yogyakarta
Sumber gambar: smule.com

Band Indie dari Yogyakarta yang dimotori oleh Mas Dhyen atau yang lebih akrab disapa Gaseng  ini terbentuk pada September 2012. Nama Om Wawes sendiri ternyata dipilih dengan cara spontanitas atau tidak ada artinya.

Dari awal membentuk sampai detik ini Om Wawes hanya beranggotakan 2 orang, yaitu Dhyen sebagai vokalis dan Tony sebagai produser musik yang berada di balik layar.

Mereka berdua membentuk Om Wawes ini sebenernya hanya iseng-iseng aja, gaes. Karena pada saat itu mereka sedang jenuh-jenuhnya dengan band asli mereka.

Kejenuhan Membawa Berkah

Yup, Om Wawes sebagai grup Orkes Melayu asal Yogyakarta ini berani menampilkan hal yang berbeda dari grup-grup Orkes Melayu lainnya.

Emm.. Boleh dibilang kalau Om Wawes ini merupakan pendobrak di belantika musik Indonesia, Gaes. Om Wawes berani memberikan warna yang baru di musik dangdut, dengan lirik-lirik dan musik yang khas di setiap lagu-lagu mereka.

Tujuan membentuk Om Wawes ini, hanya sekadar untuk mengampanyekan musik dangdut kepada kawula muda.

Mereka ingin pemuda pemudi untuk tidak gengsi dengan musik dangdut, karena sebenarnya muda-mudi Jogja itu suka dangdut. Dangdut yang dibawakan pun nggak selalu seperti dangdut-dangdut yang ada di cafe-cafe. Dangdut Om Wawes lebih muda, lucu dan nggerus di hati.

Sampai saat ini lagu yang sudah mereka keluarkan adalah Sayang, Koe lungo, Kesel Mikir, A.J.K.S, Ilang Roso, Tetep Ning Ati, Keno Godho, Kebacut Tresno, dan yang terbaru adalah Penak Konco.

Di pembuatan lagu, mereka sengaja memakai kisah-kisah cinta anak muda yang sangat menyakitkan dan ngerus di hati, gaes. Maka dari itu Om Wawes memakai tagline “Dangdut Remukan Ati”.

Dan di semua lagu Om Wawes mayoritas mereka memakai bahasa jawa campuran. Lantas bagaimana kisah mengadaptasi lagu berbahasa Jepang yang berjudul Mira e hingga menjadi bahasa Jawa yang berjudul Sayang?

Napak Tilas Lagu Sayang

om wawes dangdut remukan ati
Sumber gambar: jogjaready.com

Pertama, Mas Antom Obama dari Obama (Oriental Band Mandarin) ini mengaku sebagai pencipta aslinya lho, eitss tapi tunggu dulu, ternyata lagu tersebut harus diakui memiliki banyak sekali persamaan nada dengan lagu “Miraie” ciptaan Tamaki Chiharu yang dibawakan oleh Kiroro.

Namun Antom Obama sendiri bukan yang pertama kali yang mengadaptasi lagu “Mirai e”, karena sebelumnya penyanyi dari negeri Tiongkok ada yang sudah pernah melakukannya, gaes. Judulnya adalah “Hou Lai” dan yang membawakannya adalah Rene Liu (Liú Ruò Yīng).

Ternyata inspirasi dalam lagu Sayang itu adalah dari sosok perempuan asal Belanda yang dipacari Anton sejak lama.

Anton yang pintar membuat lirik lagu cinta ini ternyata lama menetap di Belanda untuk menjalankan bisnis kayunya dari tahun 1980-1990an. Dan dari situlah ia mengenal sang kekasih hati, gadis Belanda nan cantik dan jelita.

Awal mula lagu Sayang menyebar luas adalah dari ide Toni, salah satu rekan musisi dangdut yang pernah satu grup dengan Anton di Band Obama (Oriental Band Mandarin).

Setelah diproduksi, lagu itu mereka unggah ke SoundCloud pada tahun 2013. Dan tak lama ada unggahan di Youtube dari rekaman seseorang saat Toni dan Dhyean show panggung dangdut.

Ternyata lirik lagu ‘Mirai e’ itu menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya dan penyesalan anak yang telah menyia-nyiakan pengorbanan ibu nya, gaes.

Sedangkan lirik lagu “Sayang” sendiri bercerita tentang seseorang yang ditinggalkan oleh kekasihnya tanpa sebab. Namun karena ia masih mencintainya, ia pun berharap agar kekasihnya itu mau kembali lagi kepadanya.

Nah begitulah, Gaes kisah singkatnya. Bagaimana menarik bukan?

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Praktis dan Efektif Belajar Filsafat, Pasti Langsung Bisa!

Cara Praktis dan Efektif Belajar Filsafat, Pasti Langsung Bisa!