Lagu Korea Semakin Tunjukkan Kualitas Para Vokalisnya uget uget
Sumber gambar: katiewoodgerillustration.blogspot.co.id
in

Lagu Korea Semakin Tunjukkan Kualitas Para Vokalisnya

UGETUGET – Belantika musik, khususnya lagu Korea semakin menyedot perhatian masyarakat dunia. Baik grup (boy&girl) band maupun solois lebih mampu menunjukkan kualitas vokal mereka. Salah satu bukti eksistensi mereka adalah kian diliriknya industri musik Korea oleh tangga lagu Billboard.

Sebagai pecinta lagu yang selalu berkiblat ke Hollywood, saya jarang menaruh perhatian lebih pada musik Korea. Untuk memperkuat statemen saya pada tulisan ini, saya bertukar pandangan dengan salah satu penikmat musik Korea. Dia adalah Birgita Olimphia Nelsye, mahasiswi Sosiologi UAJY.

Cewek satu ini mengaku sudah menggandrungi musik Korea sejak lama, namun pasang-surut katanya. Ia menyukai lagu Korea dari dulu, tapi baru-baru ini melihat ada sesuatu yang baru pada musik Korea. Dia merasa ada sesuatu yang baru pada vokal mereka.

Saat ini untuk penyanyi tunggal, ia menyukai IU, G-Dragon (Big Bang), dan Taeyeon (Girls’ Generation). Sedangkan untuk kategori grup boyband, dia mengaku sedang jatuh cinta pada BTS, EXO, Infinite, G-friend, dan Black Pink.

Menurutnya saat ini musisi Korea juga ikut menjajal instrumen musik dansa elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah Electronic Dance Music (EDM).  Artinya, mereka tidak ketinggalan zaman. “Gaya lagu mereka lebih ke EDM gitu, kalau pop ya pop yang kreatif.”

Lagu Korea Semakin Tunjukkan Kualitas Para Vokalisnya ugetuget
Sumber gambar: Facebook Birgita Olimphia Nelsye

Gaya musik pop kreatif ini adalah baik ritme, melodi, instrumen, harmoni, gaya, dan liriknya bisa dipadupadankan dengan gaya musik lain, seperti klasik, jazz, rock dan sebagainya. Contohlah pada musik Korea saat ini yang di dalamnya banyak diberi sentuhan rap.

Kembali menurut Nelsye, musisi Korea semakin berani menunjukkan kualitas vokalnya. “Lagu-lagunya enak didengar, nadanya tidak datar,” katanya. Lagu Korea identik dengan instrumennya yang kaya dan semangat. Pun, menurutnya, musik Korea terus menunjukkan perkembangan.

Meskipun suara mereka halus, namun beberapa penyanyi mempunyai kualitas vokal. “Mereka nggak main di nada-nada aman aja.”

Bahkan industri musik Korea saat ini telah mampu menyedot perhatian tangga lagu Billboard. Terbukti akhir-akhir ini dengan masuknya album ‘Kwon Ji Yong’ milik G-Dragon ke dalam tangga Billboard 200. Meskipun pada album-album sebelumnya, G-Dragon telah memasuki chart tersebut.

Seperti dilansir Kompas.com, album solo keempat tersebut berhasil menyabet peringkat 192, pada chart yang dirilis 12 Juni. Seperti diketahui Billboard tersebut mengumpulkan album paling populer dalam seminggu, berdasarkan penjualan album online dan offline serta jumlah streaming.

Tak hanya G-Dragon, boyband kondang BTS juga sedang meraih kecemerlangan karirnya.

Ditulis dalam laman Cnnindonesia.com, terakhir dengan lagu DNA, BTS berhasil masuk Billboard 100, bertengger di peringkat 85. Lagu ini menjadi lagu pertama BTS yang berhasil masuk jajaran lagu populer di Amerika Serikat. Perhitungan Billboard tersebut berdasarkan jumlah layanan streaming, penjualan pengunduhan lagu, dan pemutaran di radio.

Kiprah sukses BTS diceritakan kembali oleh mahasiswi angkatan 2014 ini. “BTS aja mau duet sama The Chainsmokers sekarang baru proses.” Memang benar adanya, kabarnya BTS dan The Chainsmokers akan bekerjasama untuk mini album comeback BTS, berkaborasi dalam hits Best of Me.

Selain menyukai musiknya, Nelsye mengaku memutar lagu-lagu Korea sekaligus dapat memperkaya kosakata bahasa Korea-nya.

Menurutnya, band Korea saat ini semakin diperhitungkan di Barat. “Dulu paling ming opo kuwi Korea, paling lipsync. Tapi sekarang mereka makin berani menunjukkan kualitas vokalnya apalagi IU dan G-Dragon,” ujarnya.

Realitasnya sekarang, baik girl maupun boyband Korea juga semakin diperhitungkan kualitasnya berdasarkan hasil audisi. Mereka juga dikenal multitalenta. Tidak hanya pandai bernyanyi, tetapi tak jarang pula mereka merambah dunia akting.

Selain untuk belajar bahasa, musisi Korea sekaligus menjadi role model Nelsye dalam segi fesyen. Kata dia, outfit dan gaya rambut orang Korea keren. “Mereka punya style unik dan cocok sama anak muda, pantas juga buat budaya di Indonesia,” ujarnya.

Bila dapat dibuat playlist, berikut adalah lagu-lagu Korea yang Nelsye rekomendasikan:

  • IU – pallet
  • G-Dragon- Untitled.
  • Taeyeon – Why, Fine
  • G-friend – Rough, Me Gustas tu
  • BTS – Spring Day, Twice, I need You, Blood Sweat, & Tears, Her, DNA
  • Black Pink – Boombayah, Flying with Fire, Whistle

Sumber gambar: katiewoodgerillustration.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Registrasi Kartu Simcard, Regulasi Perlu Perhatikan Keamanan Data uget uget

Registrasi Kartu Simcard, Regulasi Perlu Perhatikan Keamanan Data

Lomba Lari Berkostum Dinosaurus ‘T-Rex Stampede’ uget uget

Lomba Lari Berkostum Dinosaurus ‘T-Rex Stampede’