Lagu Jaran Goyang Sudah Ada Penangkalnya, Jangan Khawatir! uget uget
Sumber gambar: comicvine.gamespot.com
in

Lagu Jaran Goyang Sudah Ada Penangkalnya, Jangan Khawatir!

UGETUGET – Saya sudah menantikan hal ini sejak lama. Akhirnya penantian saya selama ini tidak sia-sia. Karena lagu jaran goyang kini sudah ada penangkalnya.

Entah bagaimana perasaan Cornelius & Junior, Andi Mbendol, atau Nella Kharisma bila tahu lagu jaran goyang kini punya penawarnya. Pastilah ajian yang sudah melegenda itu akan pupus pamornya.

Bila dinikmati sebagai hiburan, sebenarnya baik lagu jaran goyang maupun penangkalnya sangat menarik. Dua-duanya mempunyai daya hibur tersendiri. Tapi bila dipikir secara berlebihan dan berat, maka kalian akan menemukan bahwa ini merupakan pertempuran dua kebudayaan yang sudah terjadi sejak beberapa ratus tahun yang lalu di Nusantara.

Tapi saya menanggapinya hanya sebagai hiburan semata.

Di video penangkal tersebut ada seorang lelaki yang mencoba berdandan mirip Sunan Kalijaga. Please, jangan dicela. Setidaknya dia sudah mencoba dan berusaha.

Langsung saja ia menyanyikan reff lagu jaran goyang, tapi dengan lirik yang ia buat sendiri. Ini adalah kreativitas yang sangat khas Indonesia. Liriknya pun sangat bagus. Setidaknya nasihat yang ia berikan sudah betul.

Kalau kalian mendengarkan video ini sambil menggunakan headset, lebih baik lepas sekarang juga. Karena lelaki yang memparodikan lagu jaran goyang ini sepertinya bukan penyanyi. Jadi, daripada kalian nantinya mencibir fals, ataupun suaranya kurang enak didengar, lebih baik dengarkan melalui speaker laptop atau smartphone.

Setidaknya itu akan mengurangi daya bising atau tingkat desibel yang ditimbulkan oleh suara si penyanyi.

Meskipun menggunakan Bahasa Indonesia, lagu penangkal alias obat penawar ini tetap menggunakan kaidah guru lagu khas Bahasa Jawa. Guru lagu merupakan permainan bunyi suara di setiap akhir kata atau kalimat.

Dengan adanya guru lagu ini, atau rima, maka sebuah lagu terasa lebih puitis.

Lagu penangkal ini sangat bagus, baik dari segi permainan lirik maupun pesan-pesannya. Meskipun menarik, tapi akan menjemukan juga jika setiap lagu harus dibuat balasan atau anti tesisnya. Karena hal ini pernah terjadi pada lagu Campursari yang berjudul Sri, dan beberapa judul lainnya.

Untuk Mas yang di video, semoga ke depannya mampu membuat lagu sendiri. Keren!

Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

https://www.youtube.com/watch?v=R0PMoKlwDrs

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Komunikasi Verbal Anak Dan Orang Tua Perlu Dibiasakan ugetuget

Komunikasi Verbal Anak Dan Orang Tua Perlu Dibiasakan

Taman Sari Yogyakarta- Sejarah yang Disuguhkan Melalui Puing-Puing uget uget

Taman Sari Yogyakarta: Sejarah yang Disuguhkan Melalui Puing-Puing