Beginilah Netizen, Lagu Berisi Kritik Sosial Malah Dijadikan Meme
Sumber gambar: meme.xyz
in

Beginilah Netizen, Lagu Berisi Kritik Sosial Malah Dijadikan Meme

UGETUGET – Saat ini, sesuatu yang viral pasti menimbulkan pro dan kontra. Memecah suara netizen ke dalam 2 bilik yang saling bersiteru dan bersitegang; lengkap dengan pendapat, argumen, serta terkadang bukti-bukti yang seklias terkesan asal tempel. Begitulah publik dunia maya saat ini.

Namun, dari kedua kubu yang terpecah begitu saja dalam menanggapi isu, kubu meme menjadi salah satu yang paling cepat menarik perhatian. Terkadang menjadi ice breaker yang meredam ketegangan atau pun mencari jalan tengah bagi keduanya, tapi lebih sering malah digunakan sebagai salah satu metode untuk menarik perhatian massa.

Baru-baru ini, jagat maya kembali diributkan dengan kemunculan video klip dari lagu milik Childis Gambino berjudul “This Is America. Dalam video tersebut, apa yang dilakukan musisi dengan nama asli Donald McKinley Glover Jr. ini benar-benar sangat provokatif dan berisi kritik sosial. Dirinya melakukan gerakan tarian-tarian aneh dengan latar belakang kericuhan dan ledakan senjata api.

Publik pun tahu apa arti dan makna dari video tersebut. Meski awalnya rata-rata merasa aneh, seiring musik yang bertambah cepat dan adegan yang makin intens, kita sebagai penonton seakan disuguhi makna secara apa adanya: Inilah Amerika Serikat, tempat di mana penembakan, diskriminasi ras, ketidakadilan sosial, dan penggunaan budaya populer sebagai metode untuk menutupi atau mengalihkan masyarakat dari realitas sebenarnya dan terutama penderitaan tak kunjung usai yang dialami oleh masyarakat kulit hitam Amerika.

Beginilah Netizen, Lagu Berisi Kritik Sosial Malah Dijadikan Meme
Sumber gambar: meme.xyz

Kembali ke paragraf di atas, netizen kurang lengkap disebut netizen jika meributkan sesuatu tanpa pro dan kontra di dalamnya. Terutama meme. Maka, bisa Anda bayangkan? Bagaimana jadinya musik yang berisikan kritik sosial dan segala hal yang mungkin berat untuk kita pahami, secara membabi buta ditanggapi oleh kreatifitas para kreator meme yang tanpa batas? Berikut adalah beberapa video meme atas video klip “This Is America”:

Luarnya Sama, Isi Beda. Orang Amerika suka Khong Guan Lebaran

https://www.youtube.com/watch?v=YSKF1Ka-qIc

Diunggah pertama kali pada tanggal 11 Mei, video ini sudah ditonton sebanyak 2,5 juta kali. Isinya bagaimana? Yah, sensasinya hampir sama saat Anda berkunjung ke saudara, melihat ada kaleng Khong Guan, tapi saat dibuka berisi rempeyek atau jenis makanan lain. Begitu pula lagu ini. Video klip cadas lagunya malah Earth, Wind & Fire yang berjudul September. Adegan kekerasaan irama funk. Maha benar netizen dengan segala memenya.

Gambino Maen Fortnite Battleroyale

Pada adegan pembuka, Gambino menampilkan tarian-tarian aneh dengan ekspresi seperti orang yang ingin melampiaskan emosi. Hingga akhirnya berujung pada postur aneh saat Gambino menembak laki-laki yang sedang duduk di kursi. Nah, dalam meme ini, adegan itu, dengan cerdasnya, disisipkan ke dalam salah satu video rekaman dari game Fortnite Battle Royale, sebuah game battle royale di mana semua pemain harus menembak semua pemain dan bertahan sebagai yang terakhir dalam pertempuran tersebut. Bisa Anda bayangkan kelucuannya?

This Is Canada

Satu yang paling berkesan bagi saya adalah video berjudul This is Canada ini diunggah oleh akun DotDawson, video ini sudah ditonton sebanyak 47 ribu kali. Berbeda dari video-video meme yang lain, Dawson hanya menyajikan Kanada dengan irama Gambino. Hasilnya, adalah perpaduan lirik dan musik yang unik dan menggelitik. Welcome to Canada! Look how we living now, free home we’re giving now, and police were chilling now. 180 derajat berbeda dari gambaran suram Gambino atas Amerika!

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tips Dasar Agar Kamu Lancar dalam Tes Toefl

Tips Dasar Agar Kamu Lancar dalam Tes Toefl

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat