Ladies, Yuk Kurangi Pemakaian Sepatu High Heels untuk Kesehatan Kaki yang Lebih Baik
Sumber gambar: plukme.com
in

Ladies, Yuk Kurangi Pemakaian Sepatu High Heels untuk Kesehatan Kaki yang Lebih Baik

UGET-UGETSifat wanita yang ingin selalu tampil cantik pastinya didukung dari penampilan luarnya. Mulai dari pemakaian make up, pakaian yang bagus, serta sepatu yang indah. Sepatu hak tinggi atau biasa disebut sepatu high heels merupakan sepatu favorit wanita karena dengan memakai sepatu ini tubuh menjadi lebih tinggi dan menarik perhatian orang lain.

SEPUTAR SEPATU HIGH HEELS

Tahukah kamu kalau sepatu hak tinggi itu pada zaman dahulu dipakai oleh pria saat berperang? Pada abad ke-16 sepatu hak tinggi dipakai oleh prajurit Persia yang mengendarai kuda untuk mempertahankan kestabilan kaki agar dapat membidik panah secara pas.

Kemudian pada abad ke-17 sepatu hak tinggi mulai berkembang sebagai bagian dari pakaian sehari-hari. Budaya dari Persia melalui Kerajaan Ottoman mulai berkembang di Eropa dan menjadi pakaian bagi pria untuk golongan status sosial yang tinggi.

Perkembangan pemakaian sepatu hak tinggi pun berlanjut pada abad ke-18 saat Raja Louis XIV dari Prancis menjadikan sepatu hak tinggi sebagai simbol yang dekat dengan kekuasaan raja dengan ciri khas sol berwarna merah yang boleh dipakai oleh ia dan beberapa orang terdekatnya.

Pada akhir abad ke-19 sepatu hak tinggi mulai digemari oleh wanita. Pada saat itu baru disadari bahwa sepatu hak tinggi jika dipakai wanita akan membuat wanita lebih tinggi dan tentu saja penampilannya semakin menarik.

Hingga pada akhirnya sepatu hak tinggi ini menjadi favorit bagi banyak wanita. Sepatu hak tinggi sudah tidak digemari lagi oleh kaum pria dan bukan menjadi status sosial yang tinggi seperti zaman dulu.

Sekarang sepatu hak tinggi atau sepatu high heels identik dengan wanita. Banyak wanita yang percaya ketika memakai sepatu ini penampilannya semakin menarik. Selain itu juga membuat wanita lebih percaya diri.

Karena kecintaannya terhadap sepatu hak tinggi tersebut, ada pula wanita yang rela melakukan pembedahan pengurangan jari kaki demi memakai sepatu hak tinggi. Selain itu ada juga wanita yang menyuntikkan kolagen pada kaki agar ketika memakai sepatu high heels rasa sakitnya dapat berkurang.

RISIKO PENGGUNAAN SEPATU HIGH HEELS

Sepatu hak tinggi atau sepatu high heels yang nampak elegan dan membuat kaki lebih jenjang ini memang menjadi incaran setiap wanita. Bahkan banyak orang-orang yang mengoleksi sepatu ini karena bentuknya yang anggun, bagus dan indah. Di balik bentuknya yang anggun, sepatu hak tinggi juga menyimpan risiko untuk kesehatan kaki apabila sepatu tersebut dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Efek tinggi pada bagian tumit kaki ini akan menyebabkan rasa pegal dan kram apabila terlalu lama digunakan. Selain itu juga banyak wanita yang mengalami kaki keseleo akibat pemakaian sepatu hak tinggi ini. Jika sepatu hak tinggi dipakai dalam waktu jangka lama juga akan menyebabkan suatu penyakit.

Dilansir dari On The Spot, cedera pemakaian sepatu hak tinggi pernah dialami Victoria Beckham. Pada tahun 2009 silam ia menjalani operasi kaki untuk menghilangkan bengkak pada ibu jari kaki yang dapat menjadi radang. Akibat yang ditimbulkan jika menggunakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu lama seperti membuat jempol kaki bengkok dan mengarah ke jari-jari kaki lainnya hingga menimbulkan rasa nyeri.

Ladies, Yuk Kurangi Pemakaian Sepatu High Heels untuk Kesehatan Kaki yang Lebih Baik
Sumber gambar: plukme.com

Risiko yang ditimbulkan dari pemakaian sepatu hak tinggi tidak hanya pada kaki, melainkan juga dapat menyebar ke beberapa tubuh lainnya seperti tumit dan lutut.

TIPS MENGURANGI RISIKO DARI PEMAKAIAN SEPATU HIGH HEELS

Meskipun sepatu hak tinggi memiliki risiko untuk kakimu, sebenarnya kamu bisa mengatasinya ladies. Kamu tetap dapat mengenakan sepatu tersebut tanpa menimbulkan cedera. Bagaimana caranya?

Batasi Pemakaian

Untuk mengurangi risiko cedera dari pemakaian sepatu hak tinggi, yang pertama kali kamu lakukan adalah jangan menggunakan sepatu tersebut secara sering. Batasi pemakaiannya ya. Misalnya hanya dipakai sesekali saja atau ketika saat acara khusus.

Gunakan Sepatu High Heels yang Hak-nya Tidak Terlalu Tinggi

Bagaimana jika pekerjaan menuntutmu untuk memakai sepatu hak tinggi setiap hari? Kamu pun bisa mengurangi risiko cedera tersebut dengan memilih menggunakan sepatu yang hak-nya tidak lebih dari 2-3 cm.

Kemudian jangan lupa bawa alas kaki datar yang dapat kamu gunakan ketika istirahat atau saat perjalanan berangkat atau pulang.

Memutar Pergelangan Kaki

Ketika sedang duduk atau istirahat coba untuk melenturkan otot betis dan memutar pergelangan kaki secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk melonggarkan otot-otot kakimu, sehingga risiko cedera pun dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Jelang Pemilihan Umum, Bertebaran Akun Klonengan. Gimana Cara Mengenalinya?

Jelang Pemilihan Umum, Bertebaran Akun Klonengan. Gimana Cara Mengenalinya?

Uniknya Kebun Binatang di Kairo Ini. Keledai jadi Zebra!

Uniknya Kebun Binatang di Kairo Ini. Keledai jadi Zebra!