Kupu-Kupu Menandakan Sungai yang Jernih
Sumber gambar: thesandpaper.villagesoup.com
in

Kupu-Kupu Menandakan Sungai yang Jernih

UGET UGET – Berbicara tentang lingkungan, berarti membincangkan segala ekosistem yang berada di dalam lingkup kehidupan yang saling menopang. Lingkungan dikatakan sehat dan terjaga jika ekosistem yang berada di sekitarnya masih bisa hidup tanpa terusik segala macam polusi.

Pemahaman ini dapat Anda gunakan untuk menentukan destinasi wisata yang bebas polusi dan lingkungan yang masih asri. Jika masih ada hewan-hewan kecil, jenis tanaman yang beragam, tentu tempat itu layak dikunjungi untuk melepas penat udara perkotaan.

Begitu juga jika Anda hendak berwisata air, semisal danau dan sungai. Anda dapat dengan mudah membedakan mana sungai yang masih asri mana yang telah terjangkiti polusi. Semua sungai yang masih asri akan memperlihatkan keindahan ekosistem yang berjalan di sekitarnya.

Dan penanda utama bagi sungai dan danau adalah keberadaan kunang-kunang di malam hari, serta kupu-kupu di siang hari. Menurut Entopia, kunang-kunang merupakan makhluk hidup yang sangat peka pada perubahan lingkungan. Ia hanya bisa hidup di lingkungan dengan kualitas air yang baik. Jika air sungai atau danau berubah, maka mereka pun akan bermigrasi mencari air yang lebih baik.

Selain kunang-kunang dan kupu-kupu, indikasi dari sungai dan danau yang bersih adalah keberadaan tumbuhan air serta jenis ikan yang beragam. Ikan koi misalnya, memiliki kepekaan yang tinggi. Sehingga setiap sungai yang masih didiami ikan koi, tentu airnya masih jernih.

Sama halnya dengan tumbuhan air. Jika di dalam sungai masih beragam tumbuhan, tentu airnya sangat jernih. Sementara air yang telah terkena polusi hanya akan ditumbuhi oleh tumbuhan gulma semacam eceng gondok.

Sungai yang dipenuhi kupu-kupu ketika siang hari dan kunang-kunang di malam hari, keberadaan ikan dan tumbuhan beraneka ragam di dalamnya, tentu suatu pemandangan yang sangat indah. Namun juga sudah sangat sulit untuk ditemukan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di kota-kota besar, kita hanya akan melihat sungai-sungai yang di samping kanan dan kirinya bertumpuk sampah-sampah rumah tangga, serta aliran sungainya yang dipenuhi limbah. Ah, kemanakah kunang-kunang dan kupu-kupu itu bermigrasi.

Sumber gambar: thesandpaper.villagesoup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Buka Rekening Bersama Bukan Solusi Tepat Bangun Komitmen Hubungan Kalian

Buka Rekening Bersama Bukan Solusi Tepat Bangun Komitmen Hubungan Kalian

Barney Redfield Baru Sadar Telah Menikahi Seorang Lelaki Tulen Selama 10 Tahun

Barney Redfield Baru Sadar Telah Menikahi Seorang Lelaki Tulen Selama 10 Tahun