Kuliner Unik Bunga yang Bisa Dijadikan untuk Lauk Makan
Sumber gambar: www.khasiat.co.id
in

Kuliner Unik: Bunga yang Bisa Dijadikan untuk Lauk Makan

UGET UGET – Pernah makan bunga? Tapi bukan saat atraksi kuda lumping ya. Bunga ini benar-benar dimasak dan dimakan. Biasanya dijadikan untuk lauk. Bisa disebut salah satu kuliner unik nih.

Mungkin sudah ada yang pernah mencoba. Atau bisa jadi juga belum pernah sama sekali menikmati salah satu kuliner unik ini? Memang kalau di kota akan sulit untuk mendapatkannya. Maklum, makanan khas pedesaan. Tapi ada juga beberapa yang sudah mengorbit ke kota.

Berikut ini bunga-bunga yang bisa diolah menjadi lauk makan.

Pertama, bunga pohon pisang atau yang sering disebut jantung pisang.

Dalam bahasa Jawa, jantung pisang sering disebut kembang gedhang atau bunga pisang. Sepertinya untuk yang satu ini di perkotaan pun sudah ada. Soalnya saya pernah menjumpai ada iklan di televisi yang bahan masakannya adalah jantung pisang.

Meski kita sering menjumpai banyak pohon pisang yang ada bunganya, ternyata tidak semua bunga atau jantung pisang itu bisa dimasak dan dimakan lho. Kalau di Gunungkidul, jenis pisang yang kembang-nya bisa dimakan hanyalah pohon Pisang Kepok saja. Bagaimana dengan daerahmu?

Berbicara soal rasa, bunga ini memang bisa dibilang enak ya, gaes. Umumnya dimasak sayur dengan santan kelapa, bisa juga hanya ditumis seperti iklan di TV itu. Bagi yang suka dipakai untuk lalapan, bunga pisang atau jantung pisang ini hanya perlu direbus dan dicocol dengan sambal saja. Tertarik untuk mencoba?

Kedua, bunga pepaya.

Pernah coba? Ini kuliner unik yang masih jarang ditemui sepertinya. Bahkan tidak semua orang mau memakannya. Mengapa? Pait. Daun pepayanya saja sudah terkenal pait, nah ini bunganya juga tidak mau kalah pait. Tapi tenang, rasa pahit itu bisa diatasi.

For your info, gaes. Tidak semua pepaya bisa menghasilkan bunga yang bisa dimasak dan dimakan. Pepaya yang bunganya bisa dimakan ini adalah pepaya “jantan” yang tidak berbuah. Jadi, memang kerjaannya hanya berbunga saja. Bentuk dan ukuran bungannya itu juga hanya kecil-kecil.

Biasanya, bunga ini dimasak tumis saja. Banyak yang bilang kalau ingin mengurangi rasa pahitnya bisa dengan menggunakan cairan cuka saat direbus (sebelum ditumis). Tapi banyak juga yang beranggapan bahwa rasa pahit dari bunga ini justru yang khas dan bikin ketagihan. Bagaimana? Ingin mencoba sensasi pahitnya?

Ketiga, bunga Turi.

Rasa bunga ini juga pahit seperti bunga pepaya. Jadi wajar kalau ada yang suka, dan ada yang tidak ingin mencobanya. Tapi jangan salah gaes. Bunga ini laku dijual dan bisa dibilang masuk salah satu jenis sayuran yang sering dijajarkan di pasar-pasar. Mungkin sebagian dari kita juga pernah menjumpai bunga ini di pecel biasanya.

Bunga Turi, biasa berwarna merah atau putih. Seperti yang saya sebutkan tadi, bunga ini sering dijadikan sayuran untuk pecel. Rasanya memang agak pait. Tapi itulah ciri khasnya. Selain di masak sebagai bahan pecel, sama seperti kedua jenis bunga di atas, Bunga Turi juga bisa ditumis.

Sepertinya, kalian harus mencobanya. Sekali-sekali coba kuliner unik bunga lain untuk dimakan, selain bunga kol tentunya.

Sumber gambar: www.khasiat.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Toilet Netral Gender di Australia, Sebuah Tuntutan Hak Kaum Transgenders

Toilet Netral Gender di Australia, Sebuah Tuntutan Hak Kaum Transgenders

Keajaiban Rasa Syukur yang Tidak Seharusnya Diabaikan

Keajaiban Rasa Syukur yang Tidak Seharusnya Diabaikan