Kuliner Indonesia: Namanya Bakso Kerikil, Nyatanya Segedhe Kerakal

Kuliner Indonesia: Namanya Bakso Kerikil, Nyatanya Segedhe Kerakal

UGET UGET – Apa yang akan terlintas di benak kalian jika mendengar kuliner Indonesia Bakso Kerikil? Pasti anggapan kalian adalah bakso yang ukurannya kecil-kecil sebesar kerikil, bukan?

Tapi berbeda dengan bakso yang ini. Lokasi yang cukup strategis tepatnya di Jl. Karangturi, Baturetno, Banguntapan, Bantul dekat perempatan ringroad Karangturi ada pedagang bakso kerikil yang menurut saya baksonya bukan termasuk kategori kerikil, tapi termasuk kategori bakso kerakal.

Dulu memang bakso yang dijual itu ukurannya lebih kecil seperti kerikil. Entah mengapa seiring berjalannya waktu bakso itu berubah ukuran menjadi lebih sedikit besar. Tapi, nama bakso kerikil ini sudah terlanjur dicap banyak orang karena dari awal sebutannya bakso kerikil. Jadi, label bakso kerikil ini bisa dikatakan sudah mendarah daging oleh para pelanggan.

Selain ukurannya yang sebenarnya tidak sebesar kerikil atau ukuran bakso biasa/kerakal, harganya murah meriah. Harga satu porsi bakso yang disajikan lengkap dengan mie, tahu, bakso, dan bakso goreng dibandrol dengan harga 6000 ribu rupiah. Harganya pun sudah jauh di bawah standar.

Jumlah bakso satu porsi tidak hanya empat atau lima gelinding, tetapi sebanyak 9 gelinding bakso. Mungkin belum pernah ada yang sebelumnya menjual baksonya dengan jumlah sebanyak itu dalam satu porsi.

Bicara tentang satu porsi bakso yang dilengkapi dengan bakso goreng ini sudah jarang ditemui. Hampir sebagian besar penjual bakso sekarang ini hanya menjual bakso dan kuah saja atau bakso, mie, tahu, dan kuah saja tanpa disertai bakso goreng, apalagi pangsit.

Jadi, bisa dikatakan satu porsi dari pedagang bakso kerikil ini sudah memiliki komponen yang hampir lengkap. Tinggal menambahkan pangsit saja.

Untuk soal rasa tidak perlu khawatir. Rasanya pas enak. Tidak asin, tidak hambar. Dijamin bakalan nagih. Karena rata-rata pengunjung di sana adalah pengunjung yang pernah satu atau dua kali jajan bakso itu. Rasa ingin kembali lagi ke sana pasti selalu ada.

Setiap sore penjual bakso ini selalu kewalahan karena harus meladeni pembeli yang sering membludak. Tidak perlu diragukan atau ditanyakan lagi karena satu porsi saja sudah mengenyangkan perut ditambah menghemat pengeluaran kantong.

Satu lagi kelebihan dari warung bakso ini, pelayanannya cepat. Jadi, tidak perlu khawatir kalau bakal antri lama karena dijamin cepat, meskipun pembelinya banyak.

Sumber gambar: otonomi.co.id

1

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu