Hendak Kuliah, Pikirkan Tujuan Kampus dengan Matang
Sumber gambar: www.genmuda.com
in

Hendak Kuliah, Pikirkan Tujuan Kampus dengan Matang

UGET UGET – Saat pendaftaran kuliah telah tiba. Banyak perguruan tinggi yang telah membagikan brosur. Begitu juga, pendaftaran lewat jalur SBMPTN telah dibuka di bulan April, dan UM-PTKIN dibuka mulai bersamaan dengan itu.

Mulailah persiapkan dirimu dengan belajar yang giat agar lulus seleksi. Dengan mengikuti bimbingan belajar atau belajar sendiri mengerjakan soal-soal yang kemungkinan akan kamu hadapi nanti. Selain itu, perbanyaklah mencari informasi dengan membuka laman perguruan tinggi tujuanmu, atau sesekali kunjungilah kampus tujuanmu untuk mengenalinya lebih dekat.

Beberapa orang yang kudapati, setelah masuk kuliah kebanyakan mereka merasa menyesal dan salah jurusan. Tapi bagaimana lagi, mereka telah masuk kuliah, membayar biaya yang tak sedikit, dan terlanjur menjalani hari-hari di kampus dengan rasa penyesalan. Karenanya, lebih baik kenali kampus tujuanmu terlebih dahulu sebelum masuk kuliah.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan daftar 100 perguruan tinggi non-politeknik dan 25 besar perguruan politeknik yang termasuk dalam jajaran terbaik di Indonesia. Peringkat ini bertujuan untuk memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi berdasarkan empat komponen utama, yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Adanya daftar 100 perguruan tinggi terbaik ini bisa menjadi salah satu pertimbanganmu untuk menentukan kampus mana yang akan engkau tempati selama empat tahun lamanya. Kampus-kampus ini juga, sarjananya lebih diperhitungkan di dunia kerja kelak dibandingkan dengan kampus yang tidak masuk dalam daftar 100 besar terbaik.

Dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti, ada 100 perguruan tinggi terbaik 2017 di Indonesia yang bisa kamu pilih. Cek di sini ristekdikti.go.id.

Dari peringkat pertama sampai sepuluh adalah Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin Makassar, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dilihat dari metode penilaiannya, hasil riset Kemenristekdikti ini belum sekompleks bagaimana riset perguruan internasional, di mana peringkat disesuaikan lebih kepada fakultasnya. Sehingga bisa saja sebuah kampus tidak masuk sepuluh besar, namun fakultasnya menduduki peringkat pertama.

Terlepas dari itu, hasil riset ini bisa membantu bagi orang-orang yang hendak kuliah untuk menentukan kampus yang representatif sekaligus memiliki peringkat tertinggi di Indonesia.

Sumber gambar: www.genmuda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Terlalu Banyak Simpan Rahasia Berbahaya Buat Kesehatanmu

Terlalu Banyak Simpan Rahasia Berbahaya Buat Kesehatanmu

Cowok Humoris Selalu Memenangkan Hatimu

Cowok Humoris Selalu Memenangkan Hatimu