3 Kota Maha Indah di Jalur Sutra
Sumber gambar: portalsatu.com
in

3 Kota Maha Indah di Jalur Sutra

UGET UGET – Jalur Sutra adalah jalur perdagangan terbesar yang pernah ada. Menghubungkan antara China, Timur Tengah hingga Eropa. Tidak hanya dilalui untuk perdagangan, tetapi juga pertemuan dan pertukaran berbagai budaya, agama, dan bahasa.

Dalam sejarahnya, beberapa kota menjadi tumpuan utama perdagangan, sekaligus pertukaran budaya. Kota-kota itu hingga hari ini masih bisa dijumpai jejaknya, sebagian telah hancur karena jarak waktu yang begitu panjang. Berikut tiga kota termegah yang dicatat sejarah sebagai kota termegah di Jalur Sutra:

1. Xian

Xian atau Xi’an, yang dahulu dikenal dengan nama Chang’an, adalah kota terluar China yang menghubungkannya dengan wilayah Asia Tengah di masa Dinasti Han (141-187 Masehi). Chang’an mencapai masa keemasaannya di bawah Dinasti Tang (618-904) ketika menjadi Ibukota China. Sepanjang abad 7-8, Chang’an menjadi salah satu kota metropolis di dunia yang menghubungkan berbagai etnik dan budaya.

Sebagai kota tersibuk, Chang’an memiliki beberapa pasar pertukaran barang-barang, terutama untuk mencari sutra China. Di samping itu, Chang’an menjadi salah satu wilayah penyebaran agama yang paling massive, baik Budha, Tao, Zoroaster, Kristen Nestorian, dan Islam. Masjid Agung Chang’an adalah bangunan tempat seluruh agama itu pernah berkembang.

2. Samarkand

Samarkand adalah kota maha indah yang terletak di Asia Tengah, menghubungkan China dan Mediterania. Samarkand adalah kota perniagaan, dikenal sebagai penghasil pakaian dan intelektualnya. Sejak zaman dinasti Han, Samarkand dijadikan sebagai kota persinggahan bagi barang-barang dagangan dari China. Dan di masa Tamerlane dan Ulugbeg, Samarkand dijadikan sebagai ibukota kerajaan yang megah di akhir abad 14.

Tamerlane berjasa mendirikan bangunan-bangunan indah yang masih bisa ditemui sampai hari ini. Ia juga membangun pertokoan dan pasar-pasar megah yang menjadi ciri khas peradaban di masa itu. Salah satu yang masih bisa kita saksikan hari ini adalah Masjid Bibi Khanum yang sangat eksotis, dengan ubin-ubin yang melapisi dinding luarnya.

Ulugh Beg adalah cucu Tamerlane yang menlengkapi kemegahan Samarkand dengan ilmu pengetahuan. Di tahun 1424, dia mendirikan pusat observatorium yang menjadikan Samarkand sebagai salah satu tujuan para pelajar di masa itu.

3. Mosul

Mosul adalah kota di Irak bagian Utara yang sibuk industri namun indah dengan keseniannya. Di Abad 10 M, Mosul menjadi pusat Jalur Sutra. Pada masa itu mereka telah mengembangkan teknologi untuk kesenian dan barang tekstil.

Mereka memproduksi logam dan lukisan yang indah. Selain itu, tentu terkenal sebagai produsen minyak mentah yang masih berproduksi hingga hari ini.

Sumber gambar: portalsatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Persahabatan dengan Lawan Jenis Itu Mungkin Terjadi Kok

Persahabatan dengan Lawan Jenis Itu Mungkin Terjadi Kok

Cara Membuat Jus Wortel Untuk Kesehatan Mata

Cara Membuat Jus Wortel Untuk Kesehatan Mata, Ternyata Banyak Yang Nggak Tahu Lho