Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League
Sumber gambar: telegraph.co.uk
in

Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League

UGET-UGET | Hadirnya kompetisi baru antarnegara di Eropa mampu menambah hiburan bagi pencinta sepak bola. Namun layaknya sebuah mata koin, kompetisi UEFA Nations League ini juga membawa keuntungan sekaligus kerugian.

Meski disambut baik oleh para pencinta sepak bola, kompetisi ini baru saja mendapatkan kritikan dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Klopp menilai kompetisi UEFA Nations League tidak masuk akal. Kritik yang diberikan Klopp tersebut bukan saja tanpa alasan. Pasalnya memang kompetisi ini bisa membuat para pemainnya kelelahan.

Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League
Sumber gambar: goal.com

“Saat ini para pemain kami harus kembali ke negara mereka masing-masing dan bermain di UEFA Nations League, yang merupakan kompetisi paling tidak masuk akal di dunia. Kami harus memperhatikan pemain kami, di mana kami menelpon semua pelatih Tim Nasional dan meminta pemain kami untuk diistirahatkan. Namun mereka menjawab tidak bisa melakukan itu karena turnamen ini membawa tekanan yang besar bagi mereka,” ungkap Klopp seperti dilansir dari Bola.net.

Dilema memang. Di satu sisi, kompetisi ini memang bisa berdampak buruk bagi klub-klub liga. Para pemain mereka harus memecah konsentrasi untuk membela tim nasional. Tengah pekan mereka lalui untuk itu, sedangkan akhir pekannya mereka sudah harus siap membela klub lagi.

Beruntung bagi pemain yang masih berlaga di satu negara, tapi tidak jarang juga yang mondar-mandir ke negara asalnya. Belum lagi jika ia adalah pemain inti sebuah klub dan juga pemain inti di Timnas. Jadwal mereka akan semakin padat dan memang benar ketika Klopp mengkhawatirkan kondisi fisik mereka yang mungkin saja kelelahan.

Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League
Sumber gambar: telegraph.co.uk

Tapi di sini lain, kompetisi ini memang penting bagi negara mereka. Dan sebagai pemain profesional dan juga sebagai warga negara yang baik, mereka harus bersedia untuk membela tim nasional masing-masing. Apalagi dalam kompetisi ini, para pemenangnya dijanjikan tiket Euro 2020 secara cuma-cuma tanpa harus mengikuti kualifikasi terlebih dahulu.

Apalagi jika dipandang dari segi pelatih. Klopp memang mengkhawatirkan pemainnya karena mungkin mereka akan kelelahan di liga antarklub, tapi bagi para pelatih tim nasional, mereka tentu tidak mau mengalah, karena tanggung jawab yang dia emban juga besar. Sehingga dia membutuhkan pemain-pemain berkualitas di tim nasional mereka.

Maka wajar ketika Klopp meminta para pelatih Timnas untuk mengistirahatkan pemainnya, para pelatih tersebut tidak mampu mengabulkan permintaan Klopp. Faktanya, semua membutuhkan pemain hebat.

Lagi pula jika dipandang dari sudut pandang Timnas, para pemain yang sering berkumpul di Timnas juga akan semakin kuat kemistrinya. Mereka pun tentu dinilai akan semakin kompak.

Memang beginilah dunia ini. Semua yang datang akan membawa sisi positif dan negatifnya masing-masing. Tergantung dari arah mana kita akan memandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Didiskualifikasi dari Asian Para Games Cabang Judo Miftahul Jannah Ingin Jadi Atlet Catur Saja

Didiskualifikasi dari Asian Para Games Cabang Judo, Miftahul Jannah Ingin Jadi Atlet Catur Saja

Hati-Hati Moms Saat Memposting Foto Anak di Media Sosial

Hati-Hati Moms Saat Memposting Foto Anak di Media Sosial