Komik untuk Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak
Sumber gambar: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
in

Komik untuk Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak

UGET-UGET | Pada artikel sebelumnya saya telah membahas seputar komik yang baik untuk pengayaan kosakata bahasa Indonesia bagi anak. Pada artikel ini saya juga akan membahas hal serupa. Namun pada kali saya akan membahas mengenai komik yang seperti apa yang digunakan untuk proses memperkaya kosakata bagi anak.

Media komik yang berisi dengan balon kata serta gambar-gambar yang menarik membuat anak tidak bosan. Maka Bunda dapat memilih komik untuk pengayaan kosakata bahasa Indonesia bagi anak. Sedari kecil anak seharusnya sudah dikenalkan dengan berbagai macam kosakata agar tumbuh kembangnya semakin baik dan prestasi akademiknya juga meningkat.

Tentu Bunda harus selektif dalam memilih komik untuk anak karena tidak semua komik baik untuk semua umur. Ada beberapa komik yang memang untuk remaja dan dewasa, ada pula komik yang ditujukan untuk anak. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting dalam memilih dan mendampingi anak ketika menggunakan media komik.

KOMIK YANG DIGUNAKAN SEPERTI APA?

Jika masalah teknis, antara komik buku atau komik dalam bentuk digital semuanya bisa digunakan. Jadi Bunda bisa memilih mau memakai komik dalam bentuk atau komik dalam bentuk digital.

Sebenarnya semua komik bisa digunakan, dalam bentuk komik cetak maupun komik digital. Karena esensi dari kegiatan ini adalah dengan membaca komik diharapkan kosakata anak dapat meningkat. Hal tersebut tidak terbatas pada penggunaan komik cetak saja, tetapi dapat menggunakan komik digital selama komik digital dapat menyediakan kosakata baru bagi anak.

Untuk masalah materi dan ceritanya tentunya Bunda harus menyesuaikan dengan usia anak. Berikan ia cerita yang baik-baik, misalnya cerita seputar tolong-menolong dengan sesama, sikap jujur dengan orang lain, dan yang lainnya. Intinya, berikan ia cerita yang berdampak positif bagi anak.

Komik untuk Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak
Sumber gambar: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

KOMIK DAPAT MEMBANTU ANAK DALAM MEMPELAJARI KOSAKATA YANG ADA DALAM PELAJARAN SEKOLAH

Kosakata dalam komik juga dapat membantu anak dalam mempelajari kosakata yang ada dalam pelajaran, contohnya saja komik yang berlabel Comic Sains. Komik dengan judul “Why” yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo menampilkan berbagai cerita yang bertema dunia sains seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan lain-lain.

Di sini saya akan memberikan tiga contoh judul, yaitu “Air”, “Tumbuhan”, dan “Hewan Amfibi”. Contohnya pada buku komik yang berjudul “Air” terdapat kosakata ‘oksigen’, ‘hidrogen’, ‘pemanasan global’, dan ‘kemarau’. Kosakata yang pastinya cukup asing di telinga anak-anak itu akan membuat mereka memiliki rasa ingin tahu dan kosakata akan mereka akan bertambah.

Selanjutnya pada komik yang berjudul ”Tumbuhan” terdapat kosakata ‘hutan rimba’ dan ‘tanaman obat’. Ketika si anak dirasa belum memahami kosakata tersebut, orang tua dapat mengajaknya ke dalam nyata, misalnya diajak ke kebun untuk mengenal tanaman obat itu yang seperti apa. Setelah itu, pastinya anak mudah memahami apa itu tanaman obat dan kosakatanya bertambah.

Begitu pula dengan komik yang berjudul “Hewan Amfibi”, yang terdapat kosakata ‘amfibi’, ‘katak’, dan ‘metamorfosis’. Kosakata yang terdengar asing bagi anak tersebut pastinya akan lebih mudah dipahami ketika dihadapkan dalam dunia yang sebenarnya. Misalnya untuk memahami kosakata ‘metamorfosis’, orang tua dapat memberi contoh bagaimana siklus hidup kupu-kupu, mulai dari ulat berubah menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Lalu untuk memberikan pemahaman tentang kosakata ‘amfibi’, orang tua dapat memberikan penjelasan bahwa amfibi adalah hewan yang hidup di darat dan di air, contohnya seperti katak.

Nah Bunda manfaat dari membaca komik ternyata banyak sekali bukan? Yuk sekarang ajak buah hati ke toko buku dan pilihlah komik yang cocok untuknya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Nama Makoto Shinkai, Sutradara Film Anime “Kimi no Nawa” Diabadikan sebagai Nama Asteroid

Nama Makoto Shinkai, Sutradara Film Anime “Kimi no Nawa” Diabadikan sebagai Nama Asteroid

Daftar Kata Serapan Bahasa Jepang yang Sudah Masuk dalam KBBI Edisi Kelima, Penggemar Jejepangan Sudah Tahu Belum

Daftar Kata Serapan Bahasa Jepang yang Sudah Masuk dalam KBBI Edisi Kelima, Penggemar Jejepangan Sudah Tahu Belum?