Kita Tidak Boleh Berharap Hal-hal Ini dari Orang Lain Bagian I
Sumber gambar: www.cermati.com
in

Kita Tidak Boleh Berharap Hal-hal Ini dari Orang Lain (Bagian I)

UGET UGET – Jangan berharap kepada orang lain jika kita tidak ingin dikecewakan. Apalagi kalau harapan kita adalah sesuatu yang mendekati tuntutan. Berharap pada hal tertentu yang mungkin dilakukan memang sah-sah saja. Asalkan kita jangan pernah berharap kepada orang lain untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

Jangan berharap kepada orang lain untuk selalu sependapat denganmu.

Kita tidak memiliki kekuatan yang begitu besar untuk membuat orang lain selalu setuju dengan apa yang kita katakan. Bahkan sebuah kebijakan saja juga masih mungkin sekali ditentang. Apalagi hanya pendapat kita. Orang lain berhak memiliki pendapat mereka sendiri. Kita tidak berhak memaksa mereka untuk selalu setuju dengan pendapat kita.

Berhentilah berharap kepada orang lain untuk membereskan masalahmu.

Kita yang berbuat salah, kita juga yang harus bertanggung jawab memperbaikinya. Jangan terlalu berharap orang lain untuk membereskannya. Jika memang ada yang membantu, itu adalah bonus. Yang paling harus berjuang memperbaiki keadaan adalah kita sendiri. Bukan orang lain.

Jangan berharap orang lain bisa menjadi sosok yang sempurna.

Inilah harapan kosong yang tidak akan pernah tercapai. Tidak ada manusia yang sempurna, tidak juga kamu, sahabatmu, ataupun orang lain. Kita hanya bisa mengambil hal-hal baik dari seseorang, dan menganggap hal buruk darinya tidak ada. Ingat, kita hanya manusia biasa.

Berhentilah berharap kepada orang lain untuk membuatmu bahagia.

Tanggung jawab untuk membahagiakan diri ada pada diri kita sendiri, bukan orang lain. Orang lain tidak memiliki kewajiban untuk itu. Jika ada yang ingin membuat kita bahagia, maka dia adalah orang spesial dari Tuhan. Tetapi jangan pernah menuntutnya untuk membahagiakanmu.

Jangan berharap orang lain bisa menjadi sosok yang kita mau.

Kita pun pasti tidak ingin terus-terusan dituntut untuk begini-begitu. Kita tidak akan cukup untuk menjadi semua yang diinginkan oleh orang lain. Begitupun kita yang tidak akan pernah puas jika berbicara soal tuntutan kepada orang lain. Hal terpenting adalah bisa saling menerima apa adanya. Memaklumi dan mengerti segala kekurangan yang ada. Karena jika kita hanya ingin menuntut sesuatu, maka tidak akan pernah ada habisnya.

Inilah lima hal yang sebaiknya tidak pernah kita harapkan dari orang lain. Karena jika kita mengharap hal itu dari mereka, besar kemungkinan kita hanya akan kecewa. Masih ada lagi hal-hal lain yang tidak seharunya kita harapkan dari orang lain. Kita bisa melihatnya nanti di bagian II.

Sumber: awarenessact.com

Sumber gambar: www.cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Dark Mode Pada Wordpress Akan Membuat Kamu Betah Nulis di Malam Hari. Gimana Caranya?

Dark Mode Pada WordPress Akan Membuat Kamu Betah Nulis di Malam Hari. Gimana Caranya?

Pacar Sering Marah? Jangan Langsung Beranggapan Dia Tak Bahagia

Pacar Sering Marah? Jangan Langsung Beranggapan Dia Tak Bahagia